Manfaat Buah Mengkudu Bagi Kesehatan

Buah mengkudu terdengar masih asing di telinga awam. Meskipun demikian, buah mengkudu memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

manfaat buah mengkudu untuk kesehatanAsal usul mengkudu tidak terlepas dengan keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di Kepulauan Samudra Pasifik. Bangsa Polinesia dipercaya berasal dari (Asia Tenggara). Pada tahun 100 SM, bangsa yang terkenal berani mengembara.Tanpa sebab yang jelas mereka menyeberangi lautan meninggalkan tanah air mereka. Ada kesan para pengembara itu di kecewakan oleh suatu hal dan maksud menjauhkan diri dari kehidupan sebelumnya. Setelah lama mengembara, mereka sampai di sekitar Polinesia, yaitu kepulauan di sekitar Pasifik Selatan. Para petualang tersebut langsung jatuh hati saat melihat indahnya pemandangan, kondisi pantai, dan pulaunya.

Uniknya, mereka seakan telah mempersiapkan diri untuk berpindah ke pulau lain. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sejumlah tumbuhan dan hewan yang ikut dibawa, karena dianggap penting untuk mempertahankan hidup. Beberapa tumbuhan asli, seperti pisang, talas, ubi jalar, sukun, tebu, dan mengkudu, dibawanya.Di antara yang dibawa itu, masih ada yang berupa stek dan tunas. Salah satu tumbuhan itu, yakni mengkudu, dianggap barang keramat. Sejak 1500 tahun lalu penduduk kepulauan yang kini disebut hawaii itu mengenal mengkudu dengan sebutan noni. Mereka menduga tumbuhan bernama latin Morinda citrifolia tersebut memiliki banyak manfaat. Mereka memandangnya sebagai Hawaii magic plant, karena buah ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Tanaman mengkudu tumbuh di dataran rendah hingga pada ketinggian 1,500 m. Tinggi pohon mengkudu mencapai 3–8 m, memiliki bunga bongkol berwarna putih. Buahnya merupakan buah majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengkilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam. (wikipedia).

Beberapa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Meredakan sakit kepala.
    Sejak dahulu banyak yang menggunakan mengkudu sebagai pereda rasa sakit kepala (analgesik). Kandungan analgesik sebanyak 75% mengalahkan morfin sulfat untuk mengurangi rasa nyeri.
  2. Menurunkan tekanan darah tinggi.
    Bagi anda yang memiliki hipertensi atau tenanan darah tinggi ada baiknya menggunakan buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah menjadi normal. Caranya bisa dengen mengkonsumsinya secara langsung dengan mengupas kulitnya atau bisa juga dengan merebusnya. Kandungan xeronine yang ada dalam buah mengkudu bermanfaat untuk menormalkan kembali tekanan darah seseorang. Zat fitonutrien scopoletin berguna melebarkan pembuluh darah, untuk menurunkan tekanan darah. Sehingga jantung tidak harus bekerja terlalu keras untuk memompa darah.
  3. Melancarkan pencernaan
    Menkonsumsi buah mengkudu secara teratur juga dapat melancarkan pencernaan. Penyakit seperti, perut kembung, muntah, luka pada usus halus dan radang lambung bisa diobati dengan buah mengkudu. Kandungan serat yang ada di dalam buah mengkudu bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Caranya adalah mengkonsumsi buah mengkudu sebelum mengambil porsi makan besar.
  4. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Kandungan mineral, vitamin, asam amino, peptida dan enzim yang terkandung dalam mengkudu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Antioksidan alami, vitamin E dan koenzim Q10 diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C yang ada di dalam buah mengkudu juga bisa bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun di dalam tubuh sehingga berbagai macam penyakit tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Orang dengan sistem imun rendah bisa mudah terkena penyakit.
  5. Mengobati asam urat
    Asam urat tidak boleh diremehkan. Asam urat bisa menimbulkan berbagai macam penyakit kronis misalnya saja jantung, stroke dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Asam urat ditandai dengan kram saat malam hari, kaki terasa dingin dan masih banyak lagi lainnya. Zat iridoid dalam buah pace atau mengkudu bisa berguna untuk mengobati asam urat.
  6. Mengobati diabetes
    Zat proxeronine adalah zat yang bisa berguna untuk mengobati diabetes. Baik itu diabetes kering maupun diabetes basah. Diabetes harus segera diobati, sebab sangat berbahaya sekali jika diabetes basah terluka. Luka itu bisa menginfeksi organ yang ada di sekitarnya. Sehingga proses amputasi harus dilakukan.
  7. Mengobati radang lambung
    Radang lambung ciri-cirinya sama dengan penderita maag. Perut rasanya akan perih dan juga melilit. Untuk mengobati radang lambung, anda bisa memanfaatkan zat scolopetin yang ada dalam kandungan mengkudu. Caranya adalah dengan merebus buah mengkudu bersamaan dengan daun mengkudu. Minum secara teratur tiga kali sehari sampai radang sembuh.
  8. Meredakan demam
    Demam juga bisa dihilangkan dan diobati menggunakan mengkudu. Cara mengobati demam menggunakan mengkudu adalah sebagai berikut ini :Ambil satu buah mengkudu.
    Campurkan dengan parutan kencur.
    Rebus kedua bahan tersebut.
    Gunakan dua gelas air dan sisakan hanya masih satu gelas saja.
    Saring
    Minum air rebusannya secara teratur.
  9. Mengobati ambeien
    Kandungan yang ada di dalam buah mengkudu maupun di dalam daun mengkudu bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit ambeien. Cara mengobatinya sangat mudah yaitu dengan mengkonsumsi rebusan buah mengkudu dicampurkan dengan daunnya.
  10. Mengobati diare
    Bakteri salmonella dan e colli adalah jenis bakteri yang bisa menyebabkan seseorang terkena diare. Diare bisa disembuhkan dengan mengkudu karena kandungan mengkudu tersebut memiliki zat anti bakteri. Zat anti bakteri bisa membunuh bakteri salmonella / e colli dan mengobati diare.

 

 

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s