Tak Hanya Nikmat, Kopi Juga Menyimpan Khasiat Bagi Tubuh

Kopi merupakan minuman yang dihasilkan dari seduhan bubuk kopi. Bubuk kopi ini dihasilkan dari biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan. Minuman seduhan bubuk kopi ini telah mendunia. Bahkan harganya bisa sangat mahal, meski begitu ada saja orang yang mengejarnya. Rasanya yang khas membuat para penikmat kopi tidak bosan meminumnya. Tapi bukan hanya rasa saja, aromanya juga sangat enak. Bahkan banyak orang yang tidak menyukai kopi namun masih suka dengan aroma seduhan dari kopi tersebut.

Era penemuan biji kopi dimulai sekitar tahun 800 SM, pendapat lain mengatakan 850 M. Pada saat itu, banyak orang di Benua Afrika, terutama bangsa Etiopia, mengonsumsi biji kopi yang dicampurkan dengan lemak hewan dan anggur untuk memenuhi kebutuhan protein dan energi tubuh. Penemuan kopi sendiri terjadi secara tidak sengaja, ketika penggembala bernama Khalid—seorang Abyssinia—mengamati kawanan kambing gembalaannya yang tetap terjaga bahkan setelah matahari terbenam setelah memakan sejenis buah beri. Ia pun mencoba memasak dan memakannya. Kebiasaan ini kemudian terus berkembang dan menyebar ke berbagai negara di Afrika, namun metode penyajiannya masih menggunakan metode konvensional. Barulah beberapa ratus tahun kemudian, biji kopi ini dibawa melewati Laut Merah dan tiba di Arab dengan metode penyajian yang lebih maju.

Seiring berjalannya waktu, biji kopi ini semakin menyebar luas. Dari seorang saudagar/pedagang lalu ke saudagar/pedagang lainnya, hingga menyebar luas sampai ke seluruh dunia. Termasuk Indonesia.

Namun bukan hanya rasa serta aromanya saja yang enak. Ternyata minuman seduhan bubuk kopi ini juga memiliki manfaat bagi tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat dari meminum kopi.

  • Meningkatkan stamina

Kopi memiliki kandungan zat kafein yang tinggi. Adenosin dalam tubuh bekerja sebagai sel yang menyebabkan rasa ingin tidur terhadap otak. Kafein dalam kopi mempengaruhi kinerja sel dan menjadikan pergerakannya lebih lambat.  Sehingga membuat perasaan segar lebih lama.

  • Mencegah kanker

Antioksidan pada kopi membantu menekan resiko gejala kanker pada tubuh. Penelitian di Jepang pada sejumlah wanita yang mengkonsumsi kopi 2 kali sehari, resiko terjadinya kanker usus besar menurun sebesar 25%.

  • Menjaga kesehatan mulut

Kopi memiliki sifat anti bakteri yang baik bagi kebersihan mulut. Hal ini dapat membantu penyembuhan gigi berlubang, plak dan infeksi gusi. Tentu saja berpeluang besar untuk menekan resiko kanker mulut.

  • Mengurangi risiko diabetes

Penghambatan penyerapan gula dapat dilakukan dengan mengkonsumsi kopi. Kandungan zat asam klorogenat mambantu kinerja hal ini pada peningkatan pembentukan insulin. Para ahli telah membuktikan penyakit diabetes yang terjadi pada seseorang, dapat diturunkan sebesar 50% berkat manfaat kopi.

  • Mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan Demensia

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang kebanyakan menyerang orang yang telah berusia 65 tahun ke atas. Kopi telah teruji dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit yang berhubungan dengan degradasi fungsi saraf.

  • Mencegah Parkinson

Selain alzheimer, parkinson merupakan salah satu penyakit yang paling populer yang penyebabnya adalah degradasi fungsi saraf dalam tubuh manusia. Konsumsi kopi secara rutin dapat meningkatkan perlindungan terhadap penyakit parkinson.

Itulah beberapa khasiat dari meminum kopi. Jadi, bagi kalian para pecinta kopi pastinya senang dengan kabar ini. Tapi perlu diingat, walaupun kopi memiliki manfaat bagi tubuh, bila berlebihan meminumnya maka akan memberi dampak negatif. Karena hal apapun bila berlebihan maka akan buruk akhirnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s