Cara Sehat Dan Alami Usir Serangga Di Rumah Tempat Tinggal

Serangga, khususnya yang memiliki perawakan menyeramkan atau menggelikan, sudah pasti menjadi musuh para manusia. Walaupun ukurannya yang relatif kecil, bermacam jenis serangga terbukti mampu membuat manusia kewalahan dalam hal mengusirnya. Contoh serangga yang banyak menjadi musuh para manusia adalah kecoak dan nyamuk. Serangga tersebut memang sangat mengganggu. Bukan hanya karena perawakan para serangga yang tidak disukai, tapi juga karena berbagai macam serangga seringkali membawa penyakit. Bahkan ada juga yang membawa penyakit mematikan atau belum ditemukan obatnya. Nyamuk dinilai mengganggu karena dapat menyebabkan gatal-gatal akibat dihisap (digigit nyamuk), juga dapat menularkan penyakit demam berdarah serta virus zika. Kecoak, selain bentuknya yang buruk, ternyata juga membawa beberapa bakteri yang dapat menyebabkan diare, tifus, kolera, TBC, sampai hepatitis. Itulah beberapa alasan mengapa manusia tidak menyukai serangga, khususnya serangga yang telah disebutkan diatas. Apalagi bila serangga tersebut ada di rumah mereka bahkan dalam jumlah yang tidak sedikit alias banyak, itu merupakan suatu mimpi buruk. Sebenarnya banyak sekali cara untuk mengusir serangga-serangga itu dari dalam rumah. Tapi beberapa cara konvensional tersebut biasanya memiliki efek samping buruk juga bagi manusia. Karena pasalnya cara-cara konvensional tersebut memakai bahan-bahan kimiawi yang juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan manusia. Maka daripada itu, dalam artikel ini penulis akan membahas cara sehat dan alami usir serangga di rumah tempat tinggal. Cara sehat dan alami usir serangga di rumah tempat tinggal sebenarnya sangat mudah. Yakni hanya dengan menanam tanaman yang tidak disenangi serangga. Namun tahukah kamu tanaman apa saja yang dapat menangkal serangga?. Simak terus artikel cara sehat dan alami usir serangga di rumah tempat tinggal ini.

Berikut adalah beberapa jenis tanaman yang efektif mengusir serangga di rumah:

  • Basil/Kemangi

Tanaman yang bisa jadi santapan ini ternyata ampuh mengusir nyamuk dan lalat. Tanam basil dalam wadah di dekat pintu atau area luar rumah. Anda juga bisa membuat spray dari basil segar. Tuangkan  4 ons air mendidih dalam 4 sampai 6 ons daunnya. Biarkan dulu selama beberapa jam, lalu tuangkan 4 ons vodka dengan air basil tersebut. Simpan di kulkas dan cairan itu pun bisa disemprotkan. Dengan catatan, jangan sampai mengenai mata, mulut dan hidung anda.

  • Lavender

Sudah lama tanaman ini digunakan untuk pengharum ruangan atau lemari pakaian. Aromanya yang disukai manusia ternyata malah dibenci serangga seperti lalat, nyamuk, kutu dan ngengat. Tanam lavender di kebun yang terkena cahaya matahari atau di jalan masuk menuju rumah. Anda juga bisa menggunakan minyaknya sebagai pengusir nyamuk alami. Oleskan saja pada kulit ketika hendak ke kebun. Tak perlu khawatir, sebab minyak lavender malah bagus untuk kulit. Ia juga bisa memberi sensasi tenang yang mampu memengaruhi kualitas tidur juga.

  • Lemongrass (sereh)

Yang satu ini mampu mengusir nyamuk. Dalam satu musim, ia bisa tumbuh tinggi sampai 4 kaki dan lebarnya 3 kaki. Tanaman sejenis rumput ini terdapat di Florida Selatan. Ia bisa ditanam dalam pot atau di tanah, dengan kondisi drainase air yang baik. Selain aromanya, ia juga bisa jadi bahan masakan.

  • Lemon thyme

Tanaman herbal yang satu ini bisa beradaptasi di daerah berbatu, kering atau di area yang tanahnya keras, selama daerah tersebut terkena sinar matahari. Namun ia tidak bisa mengusir nyamuk dengan sendirinya. Kita mesti menggosok atau mememarkan daun. Lalu mengusapkannya pada tangan.

  • Mint

Tanaman mint lebih baik ditanam di dalam pot, ketimbang di tanah. Sebab, tanaman ini menyebar dengan cukup agresif, sehingga kalau di tanah, ditakutkan ia akan sulit dicabut. Mint ini selain untuk minuman, juga bisa dipakai untuk mengusir nyamuk. Aromanya ada dalam daun, tangkai dan bunganya. Minyak beraromanya bisa dicampur juga dengan cuka apel atau vodka untuk mengusir nyamuk.

  • Rosemary

Rosemary tersedia dengan berbagai bentuk. Ia bisa tumbuh di wadah, semacam hiasan piramida, kebun tanaman herbal dsb. Selain dijadikan aroma penyedap makanan, tanaman ini juga bisa mengusir nyamuk serta serangga yang membahayakan bagi tanaman. Kita bisa membuat spray dari tanaman ini. Didihkan sekitar rosemary kering dalam air selama 20-30 menit lamanya. Diamkan di wadah dan simpan dalam kulkas. Ketika bau cairan rosemary itu sudah tidak kentara, lebih baik buang saja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s