Tips Merawat Bunga Mawar

Bunga mawar merupakan bunga yang banyak digemari karena kecantikannya. Bunga yang memiliki tangkai berduri ini memiliki beberapa jenis mulai dari mawar merah sampai dengan mawar putih. Semua jenis mawar membutuhkan perawatan yang benar agar dapat hidup dengan subur.

bunga mawar

Hal yang paling pokok yang harus dilakukan untuk merawat bunga mawar adalah melakukan penyiraman secara rutin, utamanya saat tanaman berumur 1 hingga 3 bulan. Lakukan penyiraman pada saat pagi dan sore hari agar bunga tetap segar.

Penyiraman yang dilakukan secukupnya saja, jangan sampai tergenang di permukaan pot. Lakukan penyiraman pada bagian permukaan tanah saja, jangan siram pada pohon apalagi pada bunganya karena bunga mawar rawan saat terkena air.

Letakkanlah bunga mawar pada tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Bunga mawar disarankan untuk ditanam di tempat yang teduh namun tetap mendapat sinar matahari secara tidak langsung.

tips merawat bunga mawar
pemangkasan bunga mawar

Rajin memangkas tangkai bunga mawar yang kering juga akan membantu menjaga kesuburan bunga mawar. Potonglah menggunakan gunting yang tajam. Jangan sampai memotong tangkai bunga mawar dengan pola tegak, usahakan pola potonnya menyerong. Sebagai pengetahuan bahwa pemotongan tangkai bunga mawar juga dapat membantu agar mawar sering berkembang.

Perawatan bunga mawar pun tak terlepas dari penyiangan dan pembersihan dari gulma. Jika bunga mawar tumbuh bersama gulma maka dapat dipastikan nutrisi yang diperoleh tidak maksimal.

Untuk menghindari pertumbuhan tanaman gulma bisa juga dilakukan cara sederhana dengan menutup permukaan tanah tempat menanam bunga mawar dengan jerami atau rumput-rumput yang sudah dipotong sebelumnya. Cara ini cukup efektif dilakukan untuk menekan pretumbuhan gulma yang menyerang tanaman.

Selain perawatan dan pembersihan, pemupukan rutin juga sangat perlu dilakukan untuk menjaga agar tanaman bunga mawar tetap subur. Pemupukan bisa menggunakan pupuk NPK yang memang sangat cocok untuk tanaman hias jenis bunga.

Jika Anda menginginkan hasil tanaman yang maksimal, usahakan untuk menggunakan jaring peneduh di atas bunga. Fungsinya selain dapat menghindarkan bungan mawar dari paparan cahaya matahari secara langsung, juga dapat melindunginya dari berbagai macam hama seperti serangga dan ulat.

semprot mawar

Namun jika cara tersebut masih kurang efektif, maka diperlukan semprotan untuk memusnahkan hama seperti serangga atau ulat yang menyerang tanaman. Gunakan semprotan pembasmi hama sesuai dengan takaran yang telah tertera pada kemasan.

Jika ingin memotong bunga mawar, bisa gunakan pisau atau gunting yang tajam dengan pola potong menyerong agar tidak merusak tanaman. Lakukan pemotongan dengan hati-hati karena bungan mawar tergolong bunga yang sensitif.

Sekian tips merawat bunga mawar yang dapat dibagi bersama Anda para penggemar tanaman hias, semoga bermanfaat. Selamat berkebun.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s