Perangi Diabetes Melitus Dengan Tanaman Herbal

Diabetes Melitus merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan. Pasalnya penyakit yang satu ini dapat menjadikan peyandangnya mengalami komplikasi. Penyakit ini juga tidak memandang umur, bahkan banyak mereka yang masih muda dan masih dalam usia produktif terjangkit penyakit ini. Di Indonesia, penyakit diabetes melitus ini sudah menjadi penyebab kematian terbesar kedua. Sering kali penderita penyakit ini meyadari dirinya terjangkit diabetes stelah terjadi komplikasi. Karena memang gejala-gejala awal dari penyakit diabetes melitus ini sangat ringan yang dapat membuat lalai.

Di samping itu, hingga saat ini belum ada obat paten yang benar-benar 100% dapat menyembuhkan diabetes melitus ini. Kalaupun suatu saat ditemukan, pastinya obat tersebut akan berharga sangat mahal. Karena biaya pengobatan modern di Indonesia sangatlah mahal. Bahkan sampai ada istilah “orang miskin dilarang sakit”, karena bila seorang yang miskin sakit pastinya pihak rumah sakit enggan menerimanya. Karena kebanyakan rumah sakit sekarang ini merupakan alat bisnis, bukan lagi berasaskan sosial atau membantu sesama manusia. Walaupun begitu masih ada jalan lain untuk sehat yakni dengan obat-obatan herbal. Dunia ini diciptakan oleh Tuhan dengan segala kekuatannya dan kekuasaannya untuk dapat memenuhi kebutuhan manusia. Tidak terkecuali kebutuhan dalam hal pengobatan.

Dalam artikel ini akan dipaparkan beberapa tanaman herbal yang dapat dijadikan obat diabetes melitus. Tanpa harus berpikir biaya yang mahal, karena tanaman ini sangatlah umum dan dapat mudah ditemukan. Berikut ulasan beberapa tanaman herbal untuk penyakit diabetes melitus:

  • Daun Sambiloto

Daun Sambiloto memiliki rasa pahit sebagaimana obat herbal semacamnya. Namun daun ini mengandung flavonoid yang dapat menurunkan kadar gula dalam darah dan dapat membantu menghasilkan insulin dalam tubuh.

  • Daun Pegagan

Mungkin banyak yang belum mengenal daun yang satu ini. Namun ternyata daun ini dapat menjadi obat diabetes. Daun ini mengandung suatu zat yang membantu penyembuhan luka, maka baik bagi penderita diabetes tipe basah. Selain itu daun ini juga mengandung anti-bakteri.

  • Ginseng

Tanaman herbal yang satu ini cukup terkenal. Dan sudah sering dipakai untuk campuran minuman atau obat herbal terkenal. Ternyata ginseng juga dapat menjadi obat untuk diabetes, karena dapat menstabilkan gula darah.

Itulah beberapa tanaman herbal yang dapat dijadikan obat untuk diabetes melitus. Pastinya masih sangat banyak tanaman-tanaman lain yang dapat menjadi obat diabetes. Selain itu, menjaga kesehatan tubuh dan menjaga pola makan juga menjadi sorotan penting. Agar tidak terjangkit diabetes melitus, karena faktanya sekitar 80% penderita diabetes berasal dari orang yang memiliki tubuh terlalu gemuk (obesitas). Dan perlu diperhatikan juga riwayat keturunan diabetes, bila memang ada lebih baik anda segera menjaga pola hidup anda.

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s