Tips Merawat Bunga Kamboja Jepang

Keindahan corak dan ragam warna bunga kamboja jepang atau lebih dikenal dengan adenium, yang menjadi daya tarik para hobiis. Dengan bunga serempak dan tahan lama menjadikan adenium idaman. Adenium sebenarnya merupakan tanaman hias yang mudah berbunga. Ada beberapa hobiis adeniumnya susah berbunga.

Cara-Merawat-Bunga-Kamboja-Jepang-Adenium

Memang, sebenarnya dibiarkanpun adenium akan berbunga. Tapi hanya beberapa helai bunga saja. Bukan itu yang dicari dan di idamkan. Menjadikan adenium berbunga serempak, tahan lama dan rajin berbunga, itulah yang diinginkan. Ada trik sederhana untuk tujuan tersebut. Namun harus dilakukan dengan benar, agar mendapatkan hasil yang baik.

aneka-macam-adenium

Kunci dari cara merawat bunga kamboja jepang agar dapat berbunga sepanjang tahun terletak pada pemangkasan. Jika batang kamboja dibiarkan tumbuh memanjang, ia akan terkesan berantakan. Pemangkasan batang utama perlu dilakukan agar kesan berantakan itu tidak timbul. Pemangkasan batang utama dilakukan sesuai dengan keinginan. Jika kamboja ingin dibentuk tinggi, maka batang utama juga dipangkas pada bagian yang tinggi, begitupun sebaliknya.

Pemangkasan cabang juga diperlukan agar tanaman terkesan rimbun. Pemangkasan ini juga dapat memutus siklus hidup penyakit dan hama tanaman, serta membuat bunga tumbuh serempak tiap cabangnya. Pemangkasan menghasilkan tunas bari di setiap cabang yang dipangkas. Tunas-tunas inilah yang kemudian menjadi tempat keluarnya bunga. Namun yang perlu diperhatikan adalah dua minggu sebelum dipangkas, tanaman harus dipupuk terlebih dahulu menggunakan NPK mutiara. Pemangkasan juga harus menggunakan alat yang steril agar luka pangkasan tidak terinfeksi oleh berbagai jenis patogen yang dapat membusukan batang.

cara menanam adenium

Selain pemangkasan, budidaya bunga kamboja juga perlu memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Pencahayaan matahari langsung minimal 5-7 jam perhari.
  2. Tanaman muda (usia < 2 bulan) sebaiknya diletakkan di tempat yang ternaungi.
  3. Kamboja jepang dapat tumbuh pada suhu 5-52 derajat C.
  4. Pemupukan menggunakan pupuk kandang, humus, atau kompos.
  5. Media tanam campuran pasir, pupuk kandang, dan arang dengan perbandingan 1:1:1.

Demikian tips merawat bunga kamboja jepang yang dapat Anda jadikan referensi dalam merawat bunga Anda. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s