Tips Menanam Bunga Matahari

Bunga matahari (Helianthus annuus L.) adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (Asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm). Bunga ini sebetulnya adalah bunga majemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap / condong ke arah matahari atau heliotropisme.

400px-Sunflowers      sunflower-825x550

Berikut ini tips menanam bunga matahari dari bibit sampai mekar yang bisa anda gunakan sebagai panduan ketika ingin membudidayakan sun flower tersebut.

20-biji-Bag-Biji-bunga-matahari-kerdil-dalam-jumlah-besar-balkon-biji-bunga-pot

Cara menanam bunga matahari yang pertama, anda harus bisa membedakan benih bunga tersebut dengan kwaci bunga matahari yang biasa digunakan sebagai cemilan tersebut. Tentunya setiap jenis bunga matahari memiliki bentuk bibit yang berbeda-beda. Untuk bunga matahari dengan jenis mammoth grey, benihnya berwarna putih, ukuran besar, dan memiliki corak garis hitam-coklat pada benihnya. Untuk velvet queen, benih bunga matahari ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding benih bunga yang sebelumnya. Untuk evening sun, benih bunga tersebut memiliki variasi warna, mulai dari putih sampai dengan warna hitam. Sehingga, menentukan bunga matahari mana yang akan anda tanam lewat bentuk, warna, dan ukuran benihnya.

Cara menanam bunga matahari yang kedua, ketika anda ingin menanam bunga, maka mau tak mau juga harus memperhatikan media tanamnya supaya bunga kelak bisa tumbuh dengan subur. Seperti halnya dengan bunga matahari ini, bunga ini juga memiliki media tanam yang harus anda perhatikan, supaya bunga bisa lekas mekar. Media tanam bunga matahari sebenarnya tanahnya dengan tekstur apapun karena bunga ini mudah di tanam di mana saja, asalkan ada air dan sinar matahari yang cukup, maka bunga ini bisa cepat tumbuh. Tetapi, ketika anda melakukan pembibitan benih, maka anda bisa menggunakan tanah yang gembur dan banyak nutrisinya.

Cara menanam bunga matahari keempat, tanaman bunga matahari tersebut tidak mudah rusak, maka anda bisa menutupinya dengan bekas botol air mineral. Botol air mineral tersebut diharapkan dapat melindunginya dari kerusakan oleh air hujan atau tangan usil anak-anak. Selain itu, botol tersebut dapat memberikan kelembapan bagi tanaman bunga matahari mungil tersebut. Setelah beberapa minggu, pastilah sudah tumbuh beberapa daun pada tunas yang ditutupi botol air mineral tersebut.

Kelima, ketika bunga matahari kira-kira berumur 2 bulan, anda bisa memberinya pupuk secara berkala supaya bunga tersebut bisa tumbuh subur dan jauh dari hama penyakit. Saat berumur 3 bulan, maka sudah mulai tumbuh tunas bunga pada tanaman tersebut. Maka untuk memperoleh bunga yang bagus, anda bisa memotong tunas-tunas bunga yang dianggap kurang bagus dalam pertumbuhannya. Jika anda rajin menyiramnya 2 kali sehari dan memberinya pupuk secara berkala, maka anda bisa cepat melihat bunga matahari mekar dengan indah di taman rumah anda. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda para penyuka bunga, agar dapat menghiasi halaman rumah Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s