Cara menanam bunga mawar

Cara menanam bunga mawar
Cara menanam bunga mawar

Cara menanam bunga mawar – Bunga mawar adalah sejenis tanaman hias yang sangat indah dan mempunya aroma yang sangat harum yang menjadi sebuah ketertarikan untuk semua orang jika melihatnya. Aromanya semerbak harum, keindahan kelopaknya yang khas hingga dijuluki Queeen of Flower.

Bagi kamu yang ingin punya tanaman bunga mawar, tentu perlu memahami bagaimana cara melestarikan dan membudidayakan bunga mawar agar mawar tumbuh dengan baik. Pada kesempata kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang Cara menanam bunga mawar

Berikut adalah Cara menanam bunga mawar

  1. Penentuan bibit steak

Langkah pertama untuk menanam bunga mawar ini didalam pot bunga adalah menentukan bibit yang baik yaitu dengan cara memilih batang pada bagian tengah yang tidak jauh dari pangkalnya.

  1. Siapkan pot

Langkah kedua adalah menyiapkan pot yang akan menjadi media tanam kita. Anda bias menggunakan pot dengan model apapun sesuai dengan keinginan anda.

  1. Siapkan tanah

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan tanah yang akan diletak di dalam pot yang kita inginkan tadi. Tanah yang berwarna hitam dan gembur adalah tanah yang bagus, akan lebih bagus lagi jika tanah tersebut bekas pembakaran.

Cara menanam bunga mawar
Cara menanam bunga mawar
  1. Sediakan pupuk kompos

Untuk menyuburkan tanaman mawar yang anda tanam pastinya membutuhkan pupuk agar cepat berkembang. Namun berikan secukupnya saja kedalam pot yang ana pilih tadi.

  1. Cara stek

Cara stek yang memberikan hasil adalah dengan cara memilih batang mawar yang sudah tua. Kemudian potong sepanjang 4 sampai 6 cm dengan menggunakan alat potong yang tajam seperti pisau dan medianya adalah tanah murni, karena penggunakan pupuk diawal akan menghambat pertumbuhan batang yang sedang di stek.

  1. Polybag

Untuk menghasilkan hasil stek, gunakan polybag berukuran ¼ kilo yang berisi tanah. Kemudian tancapkan tangkai mawar yang telah dipotong dari proses stek tersebut hingga kebagian tanah. Pastikan kedalamannya setengah dari media tanam dan berikan air dan jangan lupa melubangi polybag dengan lidi. Kemudian letakkan pada tempat yang teduh, hindari pemberian pupuk hingga akarnya keluar.

  1. Pemindahan ke media baru

Cara menanam bunga mawar selanjutnya adalah dengan memindahkan ke demia tanam yang baru. Syarat dipindahkannya adalah apabila pohon bunganya telah tumbuh beberapa daunnya. Nah pada masa inilah anda boleh menambahkan pupuk, cara memindahkannya adalah dengan merobek polybag dan usahakan jangan merusak susunan tanah yang ada didalamnya.

  1. Campuran tanah pada media yang baru

Yang terakhir adalah membuat campuran tanah pada media baru. Buatlah campuran pupuk kompos, tanah biasa dan beri juga sedikit pasir pada sebuah pot yang akan dijadikan media baru. Kemudian aduklah hingga rata dan masukkan batang stek yang sudah dirobek polybagnya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s