Buah Maja : Bahaya dan Manfaatnya

Buah maja merupakan buah yang cukup unik. Dilihat sekilas bentuk buah maja bisa dikira buah jeruk pamelo atau jeruk bali, karena ukuran, bentuk dan warna kulitnya memang ada kemiripan dengan jeruk berukuran besar tersebut. Jika keduanya dilihat saat masih ada di pohonnya memang mudah diedakan mana pamelo dan mana maja, karena bentuk batang pohon dan daunnya memang berbeda.

buah maja
buah maja

Tekstur batang pohon maja membentuk guratan-guratan tegas, menciptakan kesan tua, sehingga sangat menarik sebagai bahan bonsai. MangKoko menemukan sebatang pohon maja (Crescentia Cujete) di Taman Wisata Candi Prambanan lagi berbuah lebat. Sangat menarik perhatian sebagai elemen penghias taman. Gatal rasanya pengin segera jeprat-jepret untuk sekedar mendokumentasikan sosok pohon buah eksotis ini. Sebutan lain dari pohon ini adalah bernuk, calabash tree, huingo, krabasi, dan kalebas. Kulit buah maja berwarna hijau segar sedangkan daging buahnya tidak enak dimakan.

bahaya dan manfaat buah maja
pohon buah maja

Tidak banyak orang yang mengetahui manfaat dari buah maja ini, mencium baunya saja mungkin sudah membuat mual. Namun, jika diteliti lagi kita akan dapat mengetahui berbagai macam manfaat yang dapat diberikan oleh buah maja ini. Selain itu, tidak hanya buahnya saja yang bermanfaat tetapi mulai dari batang, akar, dan daunnya pun memberikan manfaat.

Kulit buah maja dapat digunakan sebagai pewangi dan pada zaman dulu tempurung maja yang keras, tipis juga mempunyai bentuk yang bagus sering digunakan sebagai alat perabot rumah tangga seperti gayung, takaran beras dan lain – lain.

Seiring dengan berkembangnya kreatifitas dan teknologi, saat ini batok buah maja pun banyak dimanfaatkan sebagai kerajinan sebagai buah tangan dan lain sebagainya.

celengan-angry-bird-batok-kelapa         20130226094155_407

Beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh tanaman ini adalah:

  1. Buah, akar dan juga daun maja memiliki manfaat sebagai antibiotik
  2. Akar, daun dan juga ranting dari buah maja bermanfaat sebagai obat ketika digit ular
  3. Akar dari buah maja dapat mengobati demam
  4. Kulit dari batang maja dan akar dapat digunakan sebagai obat jantung
  5. Daun maja juga mampu mengobati borok, kudis, bisul dan radang selaput lendir pada hidung
  6. Buah maja dapat mengobati disentri dan diare
  7. Buah maja dapat digunakan sebagai bahan pestisida alami

Namun, jangan sekali – kali anda menggunakan bagian dari buah ini tanpa tahu bagaimana cara dan aturan pemakaian secara benar. Karena selain mempunyai manfaat yang bagus, maja juga mempunyai efek yang kurang baik dan bahkan berbahaya. Contohnya:

  1. Daun buah maja disebut dapat menyebabkan keguguran apabila dimakan
  2. Ranting dari buah ini juga dapat memberikan efek racun bagi ikan

Nah, itulah manfaat dan bahaya dari buah maja. Semoga bermanfaat, dan lebih memahami penggunaannya agar tidak memberikan bahaya dalam penggunaannya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s