Mengenal Lebih Tetua Dari Para Kaktus

Cephalocereus Senilis biasa dikenal dengan old man cactus, karena perawakannya yang seperti kepala orang tua, yakni dipenuhi rambut orang yang sudah beruban. Cephalocereus Senilis merupakan spesies kaktus asli Guanajuato dan Hidalgo di bagian timur Mexico. Tanaman kaktus ini sudah terancam punah di alam liar. Tetapi penyebarannya yang meluas dan semakin populernya pembudidayaan tanaman kaktus ini telah mengurangi pengurangan tanaman ini di alam liar.

Ciri-ciri kaktus Cephalocereus Senilis (old man cactus)

Cephalocereus Senilis Old Man CactusCephalocereus Senilis dapat tumbuh hingga ketinggian 5-15 meter. Biasanya batang tanaman kaktus ini tidak bercabang, karena tidak kuat menahan bebannya. Hal yang paling mencolok dari jenis kaktus ini adalah adanya mantel berbulu panjang di sekujur batangnya. Mantel bulu itu seperti rambut putih acak-acakan yang memberi kesan seperti rambut orang tua. Mantel bulu ini tumbuh pada kaktus yang masih berumur muda. Ketika kaktus tersebut sudah mulai tua maka mantel tersebut perlahan akan menghilang. Kaktus jenis ini juga memiliki bunga walaupun bunganya tidak tumbuh hingga usia kaktus ini mencapai 10-20 tahun. Warna bunganya pun bermacam-macam, ada yang berwarna merah, putih ataupun kuning.

Fungsi dari mantel berbulu

Cephalocereus Senilis atau old man cactus memiliki mantel berbulu du sekujur batangnya. Bukan penampilannya saja yang unik, tapi mantel bulu tersebut juga memiliki peran penting bagi kaktus tersebut. Mantel bulu itu dapat melindungi tanaman kaktus dari paparan langsung salju dan terik matahari. Tapi jangan tertipu dengan penampilan Cephalocereus Senilis ini, ternyata dibalik bulu halusnya terdapat duri tajam yang dapat melukai.

Penanaman dan perawatan

Cephalocereus Senilis termasuk jenis kaktus yang banyal dibudidayakan oleh orang-orang. Tentu saja yang membuat banyak orang tertarik untuk membudidayakannya adalah perawakannya yang unik, yang ditumbuhi mantel bulu.

Untuk penanaman jenis kaktus ini, diperlukan medium campuran tanah yang sudah dikeringkan dengan baik. Dan perlu diperhatikan agar tanaman kaktus Cephalocereus Senilis ini memperoleh sinar matahari yang cukup, agar pertmbuhan mantel bulunya juga bagus. Yang pasti kaktus ini mesti mendapatkan panas yang cukup dengan suhu sekitar 32-400C. Kaktus ini dapat diletakkan di rak teratas, dekat dengan atap rumah kaca agar suhu yang dikehendaki tercapai. Agar terbebas dari debu dan polusi, sebaiknya kaktus ini diletakkan di rumah kaca. Dan seminggu sekali disemprot dengan sprayer yang agak kencang, agar debu yang menempel pada rambutnya hanyut terbawa air.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s