Parodia magnifica : Kaktus Unik Berbunga Cantik

Jenis tanaman hias yang akan diulas pada postingan ini adalah tanaman hias yang mempunyai ciri khas dengan duri yang tajam pada setiap batangnya. Tanaman yang dimaksud adalah kaktus, duri-duri tajam serta bentuk yang unik yang dimilikinya menjadi daya tarik tersendiri bagi tanaman hias kaktus. Tanaman ini juga sangat diminati dikarenakan perawatannya yang cukup mudah dikarenakan kaktus merupakan tanaman yang asalanya dari gurun pasir jadi akan sangat tahan meskipun dalam kondisi kekurangan air ataupu dalam kondisi cuaca yang panas.

Parodia magnifica
Parodia magnifica atau ball cactus

Saat ini kaktus telah banyak dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias. Beberapa varietas kaktus memang dikenal memiliki batang dan bunga yang unik. Bunga kaktus sendiri memiliki beragam warna tergantung dari jenisnya. Kepopuleran tanaman kaktus hias di Indonesia sudah dimulai lumayan lama. Namun kepopulerannya semakin melejit 5 tahun belakang. Hal tersebut terbukti saat ini semakin banyak para penjual serta pembudidaya tanaman kaktus hias ini.

Jenis tanaman kaktus yang sering dijadikan tanaman hias adalah jenis kaktus mini.  Tanaman hias ini biasanya ditanam pada ruangan terbuka (outdoor) ataupun sebagai tanaman penghias ruangan. Karena tanaman kaktus memiliki duri yang tajam ada baiknya jika kita harus memperhatikan betul penempatan tanaman kaktus, usahakan agar jauh dari  jangkauan anak-anak. Salah satu kaktus yang dapat dijadikan pilihan adalah ball cactus.

Ball cactus yang dalam nama latinnya Parodia magnifica merupakan spesies kaktus berbunga yang berasal dari Brazil bagian selatan. Tanaman kaktus ini bisa tumbuh dengan tinggi 7 – 15 cm. Bentuk kaskus ini terdiri dari banyak rusuk, berambut, dan menghasilkan bunga berwarna kuning pucat. Sesuai dengan namanya ball cactuss, tanaman ini merupakan spesies kaktus yang mempunyai bentuk menyerupai bola dengan duri disekelilingnya.

tanaman-hias-ball-cactus

Tanaman hias tumbuh secara berkelompok. Kaktus ini tidak suka terkena sinar matahari secara langsung, sehingga Anda harus menaruhnya di tempat yang teduh. Bunga dari kaktus ini sangat indah dan memiliki beberapa macam warna seperti merah, kuning, dan pink.

Perawatan tanaman ini sangat mudah karena tidak memerlukan penyiraman setiap hari cukup disiram jika media tanam sudah nampak kering. Agar tanaman dapat tumbuh dengan bai dan subur lakukan pemupukkan sebulan sekali dengan pupuk NPK Daun. Jika ingin melakukan pengembakbiakkan tanaman ini lakukan dengan cara okulasi.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s