Menelisik Sang Raja Kaktus Ariocarpus

Kaktus bukanlah tanaman asli Indonesia. Namun sekarang ini banyak sekali masyarakat Indonesia menggunakan kaktus. Ada yang menggunakannya sebagai tanaman hias di rumah, agar rumah terlihat lebih natural dan cantik. Bahkan ada juga yang menjadikan kaktus sebagai souvernir dalam acara pernikahan. Salah satu jenis kaktus yang diganderungi adalah Ariocarpus. Selain bentuknya yang unik dan tidak sama dengan kaktus pada umumnya, ukuran dari Ariocarpus ini terbilang kecil. Dikarenakan ukurannya yang kecil beserta bentuknya yang unik, maka banyak masyarakat yang mencintainya. Dalam artikel menelisik sang raja kaktus Ariocarpus ini, akan dipaparkan segala tentang kaktus dan Ariocarpus. Jika kamu ingin menelisik sang raja kaktus Ariocarpus, maka jangan kemana-mana tetap baca artikel menelisik sang raja kaktus Ariocarpus ini. Agar kamu dapat menelisik sang raja kaktus Ariocarpus dengan baik dan benar.

Kaktus adalah tumbuhan yang biasa ditemukan di tempat-tempat gersang atau jarang air. Tumbuhan ini biasanya hanya terdiri dari batang yang bercabang saja. Dan pada batangnya ditumbuhi duri-duri tajam sebagai pengganti dari daun agar mengurangi penguapan air lewat daun. Tanaman ini dapat hidup di tempat dengan lingkungan ekstrim. Karena akar dari tumbuhan ini masuk ke dalam tanah dan menyebar hingga kedalaman yang sangat dalam. Hal ini dimaksudkan agar tanaman tersebut dapat menyerap air tanah sebanyak mungkin. Dan air hasil serapan tadi akan disimpan dalam batang kaktus tersebut.

Sekarang kaktus sudah berganti maqomnya menjadi tanaman hias, dan yang paling digemari adalah kaktus dengan jenis Ariocarpus. Jenis kaktus yang satu ini memanglah sangat unik, tidak seperti kaktus pada umumnya. Ariocarpus memiliki perawakan seperti batu dan memang di habitat aslinya, kaktus yang satu ini biasa tumbuh diantara bebatuan. Biasanya, tepat di tengah kaktus ini ditumbuhi bunga. Warna bunganya pun bermacam-macam, ada yang putih, ungu dan merah. Kaktus dengan jenis ariocarpus ini memiliki beberapa varian spesies. Diantaranya ada Ariocarpus Trigonus yang berdaun runcing, Ariocarpus Scopharus yang berdaun tumpul, dan Ariocarpus Furfurace yang berdaun lengkung.

Menelisik Sang Raja Kaktus Ariocarpus Di Indonesia
Ariocarpus Scapharus
Menelisik Sang Raja Kaktus Ariocarpus Di Indonesia
Ariocarpus Trigonus
Menelisik Sang Raja Kaktus Ariocarpus Di Indonesia
Ariocarpus Furfuraceus

Ariocarpus adalah salah satu jenis dari 8 spesies sukulen, tanaman ini termasuk tanaman subtropis dari keluarga Cactaceae. Nama Ariocarpus berasal dari bahasa Yunani kuno “aria”, jenis suatu oak dan “carpos” yang berarti buah. Karena kemiripan buah dari kedua genus tersebut ketika dalam bentuk biji. Kemungkinan lain untuk asal nama tanaman ini adalah pada saat Scheidweiler menjelaskan jenis Ariocarpus, tapi ia menggambar pohon Sorbus aria. Mungkin yang ia maksudkan adalah buah dari tanaman Ariocarpus terlihat seperti buah dari aria Sorbus.

Semua spesies Aricarpus ini dapat ditemukan di Meksiko bagian utara dan pusat, karena memiliki eksposur matahari yang kuat. Dan spesies Ariocarpus juga dapat ditemukan di bukit kapur di Rio Grande, bagian selatan Texas.

Tapi sayangnya tanaman yang indah ini sudah terancam punah dan sangat jarang ditemukan di alam bebas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s