Kaktus Astrophytum asterias Sang Juara Bintang

Tanaman kaktus saat ini menjadi primadona diantara tanaman hias lainnya. Tanaman yang banyak diketahui tinggal di gurun pasir dan penuh dengan duri ini kini banyak diburu orang, terutama para pecinta tanaman hias. Salah satunya ialaha kaktus Astrophytum asterias. Dilihat ukurannya, jenis kaktus hias ini sangat kecil dan imut. Apabila ditanam di pot dan diletakkan di halaman rumah tentu saja akan terlihat sangat menggemaskan dan mempercantik penampilan rumah kita. Karena pertumbuhannya yang sangat lambat, ada cara-cara tertentu yang dapat dilakukan untuk membantu mempercepat pertumbuhan kaktus Astrophytum asterias.

kaktus astrophytum asterias indah

Kaktus memang terkenal dengan pertumbuhannya yang super lambat. Untuk bisa mencapai ukuran 5 cm saja, jenis kaktus astrophytum butuh waktu 4-5 tahun. Jenis kaktus saguaro malah butuh wktu 10 tahun untuk bisa mencapai ukuran 12 cm. Secara alamiah, cephalocereus tertentu butuh waktu 200 tahun untuk bisa capai ukuran 13 meter. Nah lo, kebayang kan lamanya. Oleh karena itu, perlu cara cepat tumbuhkan kaktus Astrophytum asterias supaya keindahannya segera dinikmati.

Kaktus jenis ini memiliki batang menyerupai bintang atau belimbing dan diperkirakan mempunyai lebih dari 100 jenis di seluruh dunia. Astrophytum termasuk kaktus yang mudah berbunga. Untuk merangsang keluarnya bunga adalah dengan meletakkannya di tempat yang panas sekitar suhu 40o C, namun tidak terlalu banyak terkena sinar matahari. Bunga yang dihasilkan sangat indah, ada yang berwarna kuning, merah pink, dan sebagainya. Namun kaktus ini pertumbuhannya sangat lambat.

Faktor genetik memang menjadi salah satu faktor lambatnya pertumbuhan kaktus. Faktor lainnya iklim yang tidak sesuai sehingga memperlambat pertumbuhannya. Mempelajari kehidupan kaktus di gurun, ia butuh lingkungan ekstrim untuk tumbuh normal. Dengan memanipulasi lingkungan tempat tumbuh yang seperti gurun, ada kemungkinan kaktus bisa tumbuh normal, bahkan lebih cepat.

Cara cepat tumbuhkan kaktus Astrophytum dan Suguaro yaitu dengan menempatkan pada rumah taman yang ruangannya dibuat pendek dan tertutup 100%. Bentuk rumah tanam sederhana, hanya berupa bangunan konstruksi kayu berbentuk segitiga memanjang. Bagian luar dilapisi plastik UV dari atas hingga bawah. Untuk jalan masuknya dibuat pintu di salah satu sisinya. Tinggi rumah tanam sekitar 2 m dan lebar terluarnya 2 m. Di bagian dalam diletakkan deretan kaktus yang langsung ditanam ke dalam tanah.

Baca juga artikel tentang kaktus.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s