Tanaman Yang Dapat Sembuhkan Mata Minus

Kabar gembira bagi para pengidap mata minus. Anda tidak perlu memberli obat-obat mahal atau bahkan melakukan operasi mata yang akan menghabiskan uang puluhan juta. Ramuan rahasia sudah banyak terungkap. Jika Anda menyadari, di sekeliling kita terdapat banyak sekali tanaman yang kita tidak kenal ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Salah satunya ialah untuk mengatasi mata minus. Tanaman obat mata minus dapat dengan mudah Anda temui di tengah kebun Anda, bahkan di antara ilalang atau semak belukar sekalipun. Untuk itu, berikut akan dijelaskan beberapa tanaman obat mata minus yang mudah digunakan dan tentunya mudah juga untuk kita jumpai.

  1. Keben

tanaman obat mata minus 1Keben atau Barringtonia Asiatica Kurz adalah tanaman yang berasal dari Papua (Irian). Di papua buah keben disebut rabon pi Keben merupakan pohon berkayu lunak, berdiameter sekitar 50 cm dengan ketinggian 4 hingga 16 meter. Biji dan buah keben inilah yang dapat digunakan sebagai tetes mata.

  1. Kitolod

tanaman obat mata minus 2Orang jawa lebih mengenalnya dengan sebutan “bunga kintolo”. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di sawah, ladang maupun di semak-semak. Bentuknya panjang, warnanya putih mirip bunga melati. Kitolod dapat digunakan sebagai cara mengobati mata minus dan berbagai penyakit pada mata, katarak, diabetes dan berbagai macam penyakit termasuk mata katarak.

  1. Daun Sirih

tanaman obat mata minus 3Daun sirih memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit. Tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas ini juga bisa digunakan sebagai cara mengobati mata minus. Daun sirih mengandung minyak atsiri, yaitu kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan zat samak yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, dan antijamur. Kandungan zat antiseptik pada seluruh bagiannya bisa mengangkat kotoran di mata dan mengurangi mata pedih.

  1. Daun Melati

tanaman obat mata minus 4Daun melati juga bisa membantu proses penyembuhan sakit mata secara alami. Caranya dengan mengambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, kemudian tempelkan pada dahi. Bila sudah mengering ganti dengan yang baru. Ulangi sampai sembuh.

  1. Bawang Putih

tanaman obat mata minus 5Selain untuk bumbu masakan, bawang putih juga bisa untuk mengobati sakit mata seperti mata minus. Caranya dengan basuh muka dengan air yang bersih hingga mata terbebas dari kotoran-kotoran kemudian keringkan dengan menggunakan handuk bersih. Ambil satu siung bawang putih yang telah di cuci bersih. Potong bagian ujung bawang sedikit. Gosokkan secara perlahan ujung bawang putih yang telah di potong tadi sejajar dengan akar bulu mata. Jangan digosokkan di bagian kelopak atas, sebaiknya gosokkan saja di bagian kelopak mata bawah. Tunggu beberapa saat hingga menimbulkan rasa perih, geli, bahkan gatal hingga membuat kepala seolah-olah bergoyang. Tahan, jangan langsung di cuci. Ulangi lagi langkah diatas dengan beberapa kali, agar bisa memberikan hasil maksimal.

Baca juga artikel tanaman obat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s