Rahasia di balik Minyak Serai

Rahasia di balik minyak serai – Minyak sereh adalah minyak atsiri yang diperoleh dari daun sereh (cymbapogon rendle) dengan cara destilasi uap. Tanaman sereh terdapat dua jenis yaitu sereh wangi dan sereh dapur. Dalam minyak sereh terkandung paling tidak sebelas komponen senyawa organik. Komponen utama Rahasia di balik minyak serai 4minyak sereh adalah sitronelal, sitronelol, dan geraniol. Komponen-komponen tersebut berguna sebagai bahan awal untuk pembuatan sejumlah parfum/ pewangi dan obat-obatan. Campuran antara sitronelol dan geraniol lazim disebut dengan rhodinol yang memiliki bau yang harum dan digunakan sebagai bahan parfum yang mahal. Berikut ini beberpa kegunaan minyak serai.

  1. Dapat memutihkan gigi menguning- Gigi menguning jelas membuat Anda merasa tidak percaya diri bukan ? Canggung rasanya kita tersenyum jika gigi kita tak putih. Terutama untuk perokok, pasti terdapat noda kuning pada giginya. Tak perlu malu dan tak perlu khawatir. Hal ini bias diatasi dengan cara sederhana. Yaitu dengan menggunakan serai. Caranya tumbuk serai sampai keluar sarinya, campur dengan sedikit arang dapur. Gosokan pada gigi. Lakukan hal ini minimal seminggu 3x. Rasakan perubahan yang terjadi pada gigi Anda.
  2. Menyembuhkan perut kembung – Teh serai terbukti dapat meringankan perut kembung. Kandungan yang ada di dalam serai dapat mengurangi angin yang ada di dalam usus termasuk di dalam perut. Serai mencegah bertambahnya gas dalam usus yang menyebabkan perut kembung. Rahasia di balik minyak serai  – Selain itu kita bias mengoleskan sari serai ke perut kita. Rahasia di balik minyak serai 5Caranya dengan menumbuk serai sampai mengeluarkan sarinya, campur dengan minyak angin. Lalu oleskan pada perut kembung.
  3. Meringankan sakit gigi – Serai terbukti meringankan nyeri pada gigi. Caranya dengan berkumur menggunakan sari atau rebusan air serai dan garam selama 1 menit.
  4. Pereda Flu dan Batuk – ambil batang sereh sebanyak 5 gram dan cuci bersih. Setelah itu memarkan dan kemudian rebus bersama 1 gelas air bersih. Durasi perebusan kira-kira 16 menit. Selanjutnya, minum air tersebut di pagi dan malam hari masing-masing seperdua gelas.
  5. Bila menderita Batuk karena angin dingin, cobalah minum air rebusan: 1 batang sereh, 1 jempol jahe bakar, 1/2 jari kayu manis, 7 biji cengkeh, 7 biji kapulaga dalam 4 gelas air. Semakin sedap bila ditambahkan sedikit garam dan gula merah.
  6. Untuk Rematik, pegal linu, cobalah ramuan rebusan 7 batang sereh, 1 genggam daun jeruk nipis dalam 6 gelas air sampai mendidih, lalu campurkan dengan air dingin secukupnya dan rajinlah beredam kira-kira 1/2 jam. Lakukan secara rutin sampai sembuh.
  7. Masuk angin, pilek, hidung tersumbat, rebus 5 batang sereh dengan 6 gelas air. Setelah air rebusan sereh berbau harum, angkat. Hirup uap sereh sambil berkerudung handuk menutupi kepala dan bahu serta wajah menghadap ke permukaan air. Lakukan selama 15 menit.
  8. MelancarkanRahasia di balik minyak serai 7 haid, memarkan 2 batang sereh, rebus dengan 2 gelas air. Setelah air menyusut dan harum, tambahkan gula merah secukupnya dan dinginkan. Minum hangat-hangat 3/4 gelas, 2 kali sehari.
  9. Asam Urat: 10 lembar daun salam direbus dengan 700 cc air + ½ batang sere hingga tersisa 200 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Diminum rutin sehari segelas atau dua gelas. Rahasia di balik minyak serai –

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s