Daun Salam Cegah Hipertensi, Asam Urat, dan Kolesterol

Para ibu rumah tangga pasti sudah tidak asing lagi mendengar daun salam. Pada dasarnya memang daun salam biasa digunakan sebagai penyedap dan pengharum masakan oleh para ibu rumah tangga. Pemanfaatan daun salam sebagai penyedap masakan ini dipercaya dapat menambah cita rasa masakan.

Daun-Salam

Namun, sekarang ini daun salam tidak hanya dikenal sebagai bumbu masakan, tetapi juga dapat digunakan sebagai obat tradisional yang dapat mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit yang ada pada tubuh manusia.

Kandungan vitamin dan mineral yang ada pada daun salam sangat baik untuk kesehatan tubuh. Daun salam untuk obat herbal ini sudah dikenal sejak dulu, namun sayangnya belum terkenal seperti obat herbal lainnya. Dalam tulisan kali ini, kami akan memberikan beberapa informasi seputar manfaat yang ada dalam daun salam.

manfaat-daun-salam-bagi-kesehatan_670x310

Manfaat daun salam untuk kesehatan tubuh sangatlah banyak, diantaranya dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Beberapa manfaat yang diperoleh dari daun salam diantaranya adalah:

  1. Daun salam untuk kesehatan pencernaan

Manfaat pertama daun salam selain untuk memasak yaitu dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh. Kandungan vitamin dan juga mineral yang ada pada daun salam dapat memperlancar pencernaan dan dapat mengatasi masalah pencernaan seperti diare, sembelit, dan lainnya. Untuk mengatasi diare menggunakan daun salam caranya mudah, yaitu meminum air rebusan daun salam yang dicampur dengan sedikit garam, minum air ini ketika Anda mengalami diare.

  1. Daun salam untuk hipertensi

Manfaat lain dari daun salam yaitu dapat menurunkan hipertensi. Manfaat daun salam untuk hipertensi bisa dirasakan jika Anda meminum air rebusan daun salam rutin setiap hari. Kandungan mineral yang ada pada daun salam membuat peredaran darah semakin lancar dan juga dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Anda bisa mencampur daun salam dengan daun sambiloto agar khasiatnya lebih manjur.

  1. Daun salam untuk asam urat

Asam urat merupakan penyakit persendian yang dapat menyerang siapa saja, terutama orang yang sudah lanjut usia. Untuk mengatasi asam urat, Anda bisa menggunakan daun salam. Manfaat daun salam untuk asam urat dapat menurunkan kadar asam urat pada sendi dan juga meringankan rasa sakit.

  1. Daun salam untuk mata

Air rebusan daun salam dapat juga dimanfaatkan untuk mengobati sakit mata dan menjaga kesehatan mata. Cara mengobati sakit mata dengan daun salam sangat mudah, yakni air rebusan daun salam diusapkan pada mata yang sakit secara rutin setiap hari sampai sembuh.

  1. Daun salam untuk Kolesterol

Kolesterol memang sangat baik untuk tubuh, namun jika terlalu banyak tentunya menjadi tidak baik. Untuk mengatasi kolesterol jahat pada tubuh, Anda bisa menggunakan cara alami dengan daun salam. Manfaat daun salam untuk kolesterol yaitu dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh, cara penggunaannya sangat mudah, minum air rebusan daun salam rutin setiap hari minimal dua kali sehari.

Banyak sekali manfaat yang bisa diambil dari daun salam ini. Membuat air rebusan daun salam setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan tubuh. Namun perlu diingat air rebusan daun salam hanya bisa digunakan sekali saja, jangan rebus daun salam beberapa kali karena dapat mengurangi mineral yang ada pada daun salam. Manfaat daun salam bisa Anda rasakan jika meminumnya setiap hari dan merebus daun salam segar sekali saja.

Iklan

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s