Segudang Manfaat Buah Delima

segudang manfaat buah delima. Mungkin banyak diantara kita yang belum mengetahui manfaat delima. Buah delima merupakan salah satu buah-buahan yang berasal dari negeri timur tengah, yang biasa ditanam pada tanah gembur namun tidak banyak air. Buahnya memiliki tiga jenis, ada yang putih, merah dan hijau. Manfaat delima juga sering digunakan untuk salad pada makanan diet atau dijadikan sirup. Seperti makanan alami pada umumnya, manfaat delima juga melimpah karena kandunga zat baik di dalamnya. Baik dari daging buah, biji buah, kulit buah, akar dan bunga dari delima tersebut.

Kandungan nutrisi yang mampu diberikan oleh buah delima, memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh. Beberapa manfaat delima diiantaranya.

Manfaat Buah Delima

Daging buah delima digunakan untuk menurunkan berat badan, mengobati cacingan, sariawan, tenggorokan sakit, suara parau, tekanan darah tinggi (hipertensi), sering kencing dan perut kembung.

Sering kencing

Ambil isi buah delima (yang segar dan masak, satu buah) dan segenggam kucai, lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya, angkat dan dinginkan. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Sariawan

Ambil dua buah delima segar yang sudah masak. Ambil isi berikut bijinya, lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan satu gelas air sambil diaduk merata, lalu saring. Gunakan airnya untuk berkumur, lalu telan. Lakukan 2–3 kali sehari, sampai sembuh.

Batuk sudah berlangsung lama

Ambil sebuah delima yang belum terlalu masak. Setiap malam sebelum tidur, kunyah biji delima tersebut. Buang bijinya.

Suara serak, tenggorokan kering

Ambil sebuah delima segar, belah, dan ambil isinya. Kunyah, lalu buang bijinya. Lakukan 2–3 kali sehari.

Cacingan

Campur jus buah delima dengan jus wortel, masing-masing setengah gelas. Aduk sampai merata, lalu minum sekaligus.

Jus buah delima

Gunakan jus buah delima untuk berkumur pada sariawan, radang gusi, gigi berlubang, atau sebagai obat kompres pada wasir yang sedang meradang.

Manfaat Kulit Buah Delima

Kulit buah (shi flu pi) digunakan untuk mengobati sakit perut karena cacing, buang air besar mengandung darah dan lendir (disentri amuba), diare kronis, perdarahan seperti wasir berdarah, muntah darah, batuk darah, perdarahan rahim, perdarahan rektum, prolaps rektum, radang tenggorokan, radang telinga, keputihan (leukorea) dan nyeri lambung.

Cacingan

Rebus kulit delima kering dan serbuk biji pinang (masing-masing 15 g) dengan tiga gelas air bersih. Didihkan perlahan-lahan selama satu jam. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus sebelum makan pagi.

Manfaat Akar Delima

Akar dan kulit kayu digunakan untuk mengatasi cacingan terutama cacing pita (taeniasis), batuk, diare. Contoh pemakaian:

Cacingan

Cuci akar delima yang telah dikeringkan (7 g.), lalu potong-potong seperlunya. Rebus dengan satu gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring dan minum airnya sekaligus.

Keputihan

Rebus kulit delima kering (30 g) dan herba sambiloto kering (15 g) dengan satu liter air bersih. Biarkan sampai air rebusannya tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring clan bagi untuk tiga kali minum, pagi, siang, dan malam hari. Air rebusan ini juga bisa digunakan untuk cuci vagina. Khusus wanita yang sudah menikah, gunakan dengan alat semprot yang masuk ke liang vagina.

Manfaat Bunga Pohon Delima

Bunga digunakan untuk pengobatan radang gusi, perdarahan, bronkhitis.

Luka

Campurkan serbuk kulit buah atau bunga delima secukupnya dengan minyak wijen. Aduk merata, lalu oleskan pada bagian yang luka.

Perdarahan

Rebus bunga delima (20 g) dengan tiga gelas air bersih sampai tersisa separuhnya. Minum air rebusan dua kali sehari, masing-masing tiga perempat gelas.

Radang gusi

Cuci bunga delima (tujuh kuntum) dengan air bersih, lalu rebus dengan segelas air bersih sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan gunakan untuk kumur-kumur.

Manfaat Biji Buah Delima

Biji digunakan untuk menurunkan demam, batuk, mengatasi keracunan dan mengobati cacingan. Caranya, Masukkan bubuk biji delima kering (satu sendok makan) dalam segelas jus nanas yang belum terlalu masak. Aduk merata, minum sewaktu perut kosong.

Buah delima merupakan salah satu buah yang eksotis. Eksotisme tersebut dilihat dari manfaatnya untuk kesehatan dan khasiatnya bagi dunia pengobatan tradisional.

segudang manfaat buah delima

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s