Manfaat Lengkap Buah Srikaya

Srikaya merupakan jenis buah yang termasuk kedalam Genus Anonna yang banyak tumbuh di wilayah beriklim tropis termasuk di Indonesia, buah ini berbentuk agak bulat dan di penuhi dengan tekstur berbentuk lingkaran seperti mata, daginnya berwarna putih dan memiliki rasa hampir sama seperti buah sirsak.

Buah srikaya memang tidak sefamiliar buah sirsak, untuk mendapatkannya pun harus di toko buah tertentu atau di toko swalayan. Srikaya banyak mengandung vitamin dan nutrisi penting yang bermanfaat bagi tubuh seperti vitain C, kalsium, magnesium, zat besi, potasium, dan niasin, kandungan-kandungan tersebut dapat berkhasiat sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, serta dapat juga di gunakan untuk perawatan kecantikan.

Mengingat manfaat luar biasa yang terkandung dalam buah ini berikut manfaat lengkap dari buah srikaya.

Manfaat Buah Srikaya

Adapun manfaat buah srikaya antara lain :

Kandungan vitamin B6 dalam buah srikaya dapat mencegah terjadinya penumpukan hemosistein, kandunfan inilah yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Salah satu peran penting dari riboflavin dalam tubuh adalah untuk memastikan bahwa tubuh memiliki semua vitamin B lainnya yang diperlukan. Vitamin B adalah kelompok vitamin yang larut dalam air serta sangat penting untuk pertumbuhan, perkembangan dan fungsitubuh penting lainnya. Selain kaya akan vitamin B dan vitamin C, buah srikaya kaya akan kandungan niasin sehingga manfaat buah srikaya juga dapat menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Buah srikaya juga mengandung tinggi serat,maka dari itu buah srikaya baik dikonsumsi bagi penderita konstipasi karena buah yang kaya akan serat akan memperlancar saluran pencernaan. Selain itu serat juga dapat memperlambat laju penyerapan gula darah sehingga dapat mencegah diabetes. Asam folat merupakan kandungam nutrisi yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan otak bayi, maka dari itu bagi ibu hamil sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat untuk kebutuhan otak janin. Salah satu buah yang memiliki kandungan asam folat adalah buah srikaya, maka dari iti bagi ibu hamil dapat mengkonsumsi buah berbiji ini.

Manfaat Biji Srikaya

Bijinya juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pencernaan lemah, cacingan, dan mematikan kutu kepala dan serangga. Buah sirsak yang masih muda digunakan untuk mengobati diare, disentri akut, dan gangguan pencernaan (atonik dispepsia).

Berikut ini contoh pemakaiannya:

Membasmi kutu anjing

Mandikan anjing yang berkutu dengan air rebusan daun atau biji srikaya.

Caranya, tumbuk halus daun atau biji srikaya, tambahkan air secukupnya, lalu saring airnya dan gunakan untuk memandikan anjing.

Mematikan kutu kepala

Cuci biji srikaya (10 butir) dan daun srikaya segar (1 genggam), lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit minyak kelapa, lalu aduk merata. Turapkan pada kulit kepala, lalu bungkus dengan kain. Setelah tiga jam, buka dan cuci sampai bersih. Jangan sampai bilasan air masuk ke mata karena dapat menyebabkan iritasi dan meradang.

Mematangkan bisul

Ambil isi buah yang sudah masak, lalu giling halus. Tambahkan sedikit garam sambil diaduk merata, turapkan pada bisul, lalu balut dengan kain kasa.

Manfaat Akar dan Kulit Kayu

Akarnya digunakan untuk mengobati sembelit, disentri akut, depresi mental, dan nyeri tulang punggung. Kulit kayu digunakan untuk mengatasi diare, disentri, dan luka berdarah. Contoh Pemakaian:

Diare

Cuci kulit batang srikaya (6–10 g), potong kecil- kecil, lalu tambahkan gula merah secukupnya. Rebus dengan empat gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan minum dua kali sehari, masing-masing satu gelas.

Catatan

   Ibu hamil dilarang minum rebusan biji buah srikaya.

   Hati-hati jika minum rebusan biji, kulit kayu, dan akar srikaya karena mengandung racun.

   Hanya digunakan dibawah pengawasan herbalis berpengalaman.

Manfaat Daun Srikaya

Berikut adalah beberapa manfaat daun srikaya yang baik untuk kesehatan tubuh kita :

Sebagai obat antiradang.

Mengobati penyakit batuk ringan.

Menyembuhkan demam.

Meredakan nyeri reumatik.

Membantu menurunkan kadar asam urat.

Mengobati diare.

Mengobati disentri.

Membantu melancarkan pencernaan.

Menyembuhkan flu.

Ada beberapa sumber yang mengatakan cara meramu daun srikaya adalah sebagai berikut :

Daunnya digunakan untuk mengatasi batuk, demam, reumatik, menurunkan kadar asam urat darah yang tinggi, diare, disentri, rectal prolaps pada anak-anak, cacingan, kutu kepala, pemakaian luar untuk borok, luka, bisul, skabies, kudis, dan ekzema. Contoh pemakaian:

Borok dan bisul

Cuci daun segar secukupnya, lalu giling sampai halus. Tambahkan sedikit garam, lalu gunakan ramuan ini untuk menurap borok atau bisul dan balut. Dalam sehari, ganti 2–3 kali.

Tiba-tiba pingsan, menenangkan penderita histeris

Cuci daun segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Dekatkan gilingan daun tadi pada hidung penderita agar baunya terhisap oleh penderita.

Cacingan pada anak

Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu rebus dengan lima gelas air sampai tersisa tiga gelas. Setelah dingin, saring dan minum tiga kali sehari, masing-masing satu gelas.

Gangguan pencernaan

Cuci daun srikaya segar secukupnya, giling sampai halus, lalu tambahkan minyak kelapa secukupnya. Tempelkan pada perut.

Kudis

Cuci daun srikaya segar (15 lembar), lalu giling sampai halus. Remas dengan air kapur sirih sebanyak satu sendok teh dan gunakan untuk menggosok kulit yang kudis. Lakukan sehari dua kali.

manfaat lengkap buah srikaya

Save

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s