Manfaat Dan Khasiat Buah Nanas Bagi Tubuh

Nanas atau yang juga biasa disebut nenas adalah buah dari tanaman tropis yang memiliki keunikan tersendiri. Keunikan tersebut terletak pada bagian atas buah nanas. Pada bagian atasnya terdapat semacam daun dengan tekstur yang keras dan berujung tajam. Rangkaian daun tersebut sangat meyerupai mahkota dari seorang raja. Permukaan buah yang tidak rata dan sedikit kasar serta warna kuningnya yang khas juga menjadi ciri khas buah nanas. Bukan hanya bentuknya saja yang unik, nanas juga mengandung segudang khasiat. Manfaat dan khasiat buah nanas bagi tubuh sangat banyak. Manfaat dan khasiat buah nanas bagi tubuh dapat berupa kesehatan badan bagian luar juga bagian dalam tentunya. Manfaat dan khasiat buah nanas bagi tubuh akan dipaparkan secara komperhensif dalam artikel ini. Silahkan simak artikel ini dengan seksama agar memahami manfaat dan khasiat buah nanas bagi tubuh.

Buah nanas berasal dari Brasil, Bolivia, dan Paraguay. Tumbuhan ini termasuk dalam familia nanas-nanasan (Famili Bromeliaceae). Perawakan (habitus) tumbuhannya rendah. Herba (menahun) dengan 30 atau lebih daun yang panjang, berujung tajam, tersusun dalam bentuk roset mengelilingi batang yang tebal. Buahnya dalam bahasa Inggris disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus. Nama ‘nanas’ berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna “buah yang sangat baik”. Burung penghisap madu (hummingbird) merupakan penyerbuk alamiah dari buah ini, meskipun berbagai serangga juga memiliki peran yang sama.

Buah nanas yang banyak dijual di pasar-pasar sekarang bukanlah buah nanas sejati. Melainkan hasil dari gabungan buah-buah sejati. Yang dalam perkembangannya tergabung—bersama-sama dengan tongkol (spadix) bunga majemuk—menjadi satu ‘buah’ besar.

Setelah mengetahui sedikit banyak tentang nanas, sekarang saatnya membahas manfaat dan khasiat buah nanas bagi tubuh. Berikut manfaat dan khasiat buah nanas bagi tubuh:

  • Memperlancar pencernaan, karena banyaknya serat yang dikandung buah nanas.
  • Baik juga untuk mengatasi flu dan demam.
  • Mencegah degenerasi makula, zat beta karoten yang dikandung nanas baik untuk kesehatan mata.
  • Meningkatkan imunitas. Vitamin C dalam nanas dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena efek antioksidan yang kuat. Selain itu, nanas mengandung  zat asam amino yang kaya. Zat asam amino membantu peningkatan sistem kekebalan tubuh dan menjaga ketersediaan energi pada tubuh agar tidak kelelahan.
  • Mencegah hipertensi. Kandungan kalium yang tinggi seperti yang dijumpai pada manfaat pisang. Namun mengandung kandungan sodium yang rendah, akan membantu menjaga tingkat tekanan darah yang normal.
  • Menguatkan tulang. Zat mangan dalam nanas sangat melimpah yang dapat membantu memperkuat tulang dan jaringan ikat.

Selain rasanya yang enak, manfaat dan khasiat buah nanas bagi tubuh sangat banyak. Dan buah ini dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk. Bisa dibuat jus, atau dimakan langsung, atau dibuat salad. Mari hidup sehat dengan mengonsumsi buah nanas.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s