Manfaat dan Bahaya Buah Durian

Manfaat dan bahaya buah durian yuk kita lihat. Siapa yang tak tahu durian. Buah yang dijuluki king of fruit ini mempunyai kulit yang berduri tajam dan mempunyai aroma khas yang menyengat ini banyak disukai orang-orang, walaupun ada sebagian orang juga yang tidak menyukai buah yang satu ini. Daging buah durian rasanya manis, lezat, dan juga legit. Tekstur daging buahnya lembut dan berwarna kekuningan.

Buah durian mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Berikut manfaat dan bahaya yang terdapat dalam buah durian.

Manfaat buah Durian bagi kesehatan

manfaat dan bahaya buah durian

Sumber energi

Buah durian teksturnya lembut,sehingga mudah dicerna karena terbuat dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa. Ketika durian dimakan, maka ia akan segera menghasilkan energi dan merevitalisasi tubuh secara langsung. Meskipun mengandung lemak yang relatuf lebih tinggi daripada buah-buahan lain, durian bebas lemak jenuh dan kolesterol.

Buah tinggi serat

Durian kaya serat makanan, sehingga bisa menjadi pencahar yang baik. Serat dari durian akan membantu melindungi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan, serta mengikat bahan kimia penyebab kanker usus besar.

Kaya Antioksidan

Buah durian merupakan sumber yang baik antioksidan dari vitamin C (sekitar 33% dari RDA). Konsumsi makanan yang kaya vitamin C akan membantu tubuh menjadi kebal infeksi dan radikal bebas berbahaya.

Buah durian juga merupakan sumber kelompok vitamin B-kompleks, seperti niacin, riboflavin, asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B-6) dan thiamin (vitamin B-1) . Vitamin ini penting bagi tubuh dan hanya bisa diperoleh dari sumber luar, yaitu makanan.

Kaya mineral

Mineral yang dimiliki buah durian juga baik, seperti mangan, tembaga, besi dan magnesium. Mangan digunakan oleh tubuh sebagai co-faktor enzim antioksidan, superoksida dismutase. Tembaga diperlukan tubuh dalam memproduksi sel darah merah, sementara Zat Besi diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah.

Sumber Kalium

Buah durian adalah sumber yang sangat kaya kalium. Kalium adalah elektrolit yang penting dalam sel dan cairan tubuh yang membantu untuk mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Baca: Manfaat kalium

Sumber asam amino esensial

Tak hanya itu saja, sebab durian juga mengandung asam amino esensial dengan kadar yang tinggi, yaitu triptofan (juga dikenal sebagai “pil tidur alami”) , yang didalam tubuh akan dimetabolisme menjadi serotonin dan melatonin. Ini adalah senyawa kimia yang memiliki fungsi penting, berguna sebagai induksi tidur pada pengobatan epilepsi.

Bahaya mengkonsumsi Buah Durian

Setelah kita membahas manfaat durian bagi kesehatan, kini kita lirik apa saja bahaya buah durian bagi kesehatan.

Mungkin kita sering mendengar bahwa buah durian memiliki bahaya kesehatan, terutama dikaitkan dengan ibu hamil, karena adanya efek panas pada durian yang bisa berakibat keguguran pada janin. Padahal ini belum ada bukti yang clear secara medis. Selain berbahaya bagi kesehatan janin yang dikandungnya, ada sejumlah bahaya lain buah durian bila dikonsumsi oleh siapa saja, yaitu:

Buah durian bisa meningkatkan gula darah bahkan hingga diabetes, kalau dikonsumsikan dalam jumlah banyak dan terlalu sering maka kandungan glukosa yang tinggi dalam durian akan menjadi penyebab diabetes

Selain itu, Durian juga berbahaya bagi pencernaan kalau dikonsumsi berbarengan dengan alkohol. Selain itu, kandungan alkohol dan kolesterol dalam durian bisa mebahayakan kesehatan jantung.

Bahaya durian yang paling parah adalah ketika dikonsumsi berbarengan dengan alkohol, karena kandungan sulfur dalam durian akan menghambat metabolisme alkohol dan ini bisa memicu kematian. Jadi berhati-hatilah terhadap buah ini, disamping enak dan manis ada juga sejumlah racun didalamnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s