Khasiat Dan Manfaat Kurma Bagi Tubuh

Kurma sudah tidak asing lagi di telinga orang muslim. Bahkan setiap muslim pasti pernah memakan buah bercita rasa manis yang satu ini. Khususnya pada momen puasa ramadhan, hampir setiap muslim menjadikan kurma sebagai makanan pembuka. Namun, disamping itu tahukah kamu ada banyak sekali khasiat dan manfaat kurma bagi tubuh.Dalam artikel khasiat dan manfaat kurma bagi tubuh ini akan dipaparkan khasiat dan manfaat kurma bagi tubuh manusia. Maka jangan lengah sedikitpun agar kamu mengetahui khasiat dan manfaat kurma bagi tubuh.

Pohon kurma termasuk tanaman palma (Arecaceae) dalam genus Phoenix, buahnya dapat dimakan. Walaupun tempat asalnya tidak diketahui karena telah sejak lama dibudidayakan, kemungkinan tanaman ini berasal dari tanah sekitar Teluk Persia. Pohonnya berukuran sedang dengan tinggi sekitar 15-25 m, tumbuh secara tunggal atau membentuk rumpun pada sejumlah batang dari sebuah sistem akar tunggal. Daunnya memiliki panjang 3-5 m, dengan duri pada tangkai daun, menyirip dan mempunyai sekitar 150 pucuk daun muda; daun mudanya berukuran dengan panjang 30 cm dan lebar 2 cm. Rentangan penuh mahkotanya berkisar dari 6-10 m.

Kurma telah menjadi makanan pokok di Timur Tengah selama ribuan tahun lamanya. Pohon Kurma diyakini berasal dari sekitar Teluk Persia dan telah dibudidayakan sejak zaman kuno dari Mesopotamia ke prasejarah Mesir, kemungkinan pada awal 4000 SM. Bangsa Mesir Kuno menggunakan buahnya untuk dibuat menjadi anggur kurma dan memakannya pada saat panen. Ada bukti arkeologi budidaya kurma di bagian Arab timur pada tahun 6000 SM. (Alvarez-Mon 2006).

Pada zaman selanjutnya, orang Arab menyebarkanluaskan kurma di sekitar Selatan dan Barat Daya Asia, bagian utara Afrika, Spanyol dan Italia. Kurma diperkenalkan di Mexico dan California, disekitar Mission San Ignacio, oleh bangsa Spanyol pada tahun 1765.

Berikut adalah khasiat dan manfaat kurma bagi tubuh:

  • Menyehatkan dan menguatkan tulang. Kandungan selenium, mangan, tembaga, dan magnesium pada kurma sangat baik untuk tulang.
  • Menyehatkan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi baik untuk pencernaan.
  • Mengatasi gangguan usus. Kandungan nikotin dalam kurma dipercaya mampu mengatasi gangguan usus.
  • Baik untuk penderita anemia. Kandungan tinggi zat besi menyeimbangkan kekurangan zat besi pada pasien anemia, meningkatkan energi dan tenaga, dan disaat yang bersamaan mengurangi rasa lelah dan lesu.
  • Mengatasi alergi. Kandungan sulfur organik yang dimiliki kurma mampu mengurangi reaksi alergi dan alergi musiman.

Masih sangat banyak khasiat dan manfaat kurma bagi tubuh seperti menambah berat badan dan menyehatkan sistem saraf. Juga menyehatkan jantung, mengatasi diare, mengurangi rabun senja, menghilangkan mabuk, sampai mengurangi risiko dari kanker abdomen.

Sungguh kurma bagaikan buah ajaib. Walaupun bentuknya kecil tapi mengandung khasiat yang sangat banyak. Mari kita mulai rajin mengonsumsi kurma.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s