Kayu Manis : Menjaga Kesehatan Anda

Ada beberapa jenis kayu manis yang digunakan diseluruh dunia, yaitu jenis kayu manis ceylon, cassia, dan saigon. Jenis Ceylon rasanya lebih manis dan lembut, dan memiliki warna cokelat muda. Kayu manis jenis cassia warnanya cokelat tua cenderung gelap, lebih keras dan rasanya kurang manis. Dan Saigon, adalah kayu manis dari keluarga cassia, namun sedikit lebih manis dan harganya mahal.

kayu manis dan madu

Kayu manis harus disimpan dalam wadah kedap udara dan di tempat yang gelap. Kayu manis batangan bisa bertahan selama sekitar 1 tahun, tapi kayu manis yang telah dihaluskan akan mulai kehilangan rasa setelah beberapa bulan penyimpanan.

Khasiat manfaat Kayu manis bagi Kesehatan

Pengobatan Cina dan Ayurveda India telah lama mempercayai kayu manis dan digunakan untuk mengobati kondisi seperti flu, gangguan pencernaan, dan kram. Juga diyakini bisa meningkatkan energi, vitalitas dan sirkulasi darah. Kemungkinan manfaat mengkonsumsi kayu manis ini berasal dari senyawa kimia yang banyak difokuskan banyak penelitian yaitu cinnamaldehyde. Senyawa organik ini yang memberikan rasa manis pada kayu manis. Dari sinilah disimpulkan bahwa kayu manis mungkin berkhasiat sebagai berikut :

Arthritis:

Dalam evaluasi 122 ramuan Cina untuk pengurangan kadar asam urat, ekstrak kayu manis cassia adalah yang paling efektif untuk menekan enzim yang menyebabkan produksi asam urat. Madu dan kayu manis yang dikombinasikan bisa meredakan nyeri arthritis.

Diabetes tipe 2:

Orang dengan diabetes tipe 2 yang diberi ekstrak kayu manis secara signifikan mengalami penurunan kadar gula darah. Hal ini karena kayu manis kemampuan untuk meningkatkan metabolisme glukosa hingga sekitar 20 kali, sehingga bisa secara signifikan meningkatkan regulasi gula darah.Kayu manis juga memperlambat pengosongan lambung, membantu mengurangi peningkatan gula darah setelah makan, dan meningkatkan sensitivitas insulin. Bioflavonoid yang yang terdapat dalam kayu manis dikenal sebagai proantosianidin, yang dapat mengubah aktivitas insulin dalam sel-sel lemak.

Dalam studi lain, para peneliti yang menggunakan ekstrak Cassia dan ekstrak Ceylon, menemukan bahwa jenis Cassia lebih efektif untuk diabetes pada tikus yang diteliti dalam uji toleransi glukosa .

Kesehatan jantung:

Penelitian telah menunjukkan bahwa kayu manis bisa mengurangi lipid, juga memiliki adhesi platelet dan sifat anti inflamasi. Dalam sebuah studi ini juga menunjukkan bahwa hanya mengkonsumsi 6 gram kayu manis setiap hari bisa mengurangi trigliserida, serum glukosa, kolesterol LDL, serta total kolesterol pada individu dengan diabetes tipe 2.

kayu manis

Khasiat lainnya :

  • Memiliki sifat antijamur, sehingga candida tidak bisa hidup pada daerah kayu manis.
  • Dapat mengurangi proliferasi leukemia dan sel kanker limfoma.
  • Memiliki efek anti-pembekuan darah.
  • Bila ditambahkan kedalam makanan, kayu manis akan menghambat pertumbuhan bakteri dan pembusukan makanan, sehingga makanan awet secara alami.
  • Bau kayu manis meningkatkan fungsi kognitif dan memori.
  • Melawan bakteri E. coli dalam jus yang tidak dipasteurisasi.
  • Obat alami yang efektif untuk menghilangkan sakit kepala dan migrain.
  • Bisa menghilangkan bau mulut tak sedap, karena cinnamaldehyde kayu manis memiliki efek antimikroba dan bakteri pada lidah yang menyebabkan bau mulut.
  • Cinnamaldehyde yang berasal dari kulit kayu manis Cassia mengaktifkan efek antioksidan yang melindungi sel epitel pada usus manusia, yang potensial terhadap kanker usus besar .

Demikian manfaat dari kayu manis bagi kesehatan, konsumsi kayu manis sebagai obat ini harus sesuai dosis, karena apabila terlalu banyak dapat menyebabkan keracunan. Konsumsi kayu manis yang baik adalah dengan mencampurkannya dengan teh, kopi atau masakan. Pencampuran tersebut cukup sejumput saja agar dapat menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s