Atasi Rematik dengan Jahe Merah

Jahe sudah dikenal sebagai tanaman herbal untuk berbagai penyakit, selain itu jahe juga sering digunakan sebagai bumbu dapur. Meskipun saat ini pengobatan medis menjadi pilihan sebagian besar orang, namun tetap saja ada yang masih bertahan dengan ramuan herbal dari bahan-bahan alami, salah satunya yakni jahe merah.

Jahe merah
Jahe Merah

Jahe merah merupakan salah satu dari tiga jenis jahe yanga ada. Jahe merah mempunyai kandungan atau senyawa yang beragam dan berkhasiat untuk mengobati penyakit dan juga berkhasiat untuk kecantikan. Dikutip dari saritemulawak.com , ternyata jahe merah juga mempunyai khasiat untuk mengobati rematik.

Rematik adalah penyakit yang menyerang pada bagian sendi. Rematik biasanya disebabkan karena kurangnya sistem kekebalan tubuh. Jahe merah sering digunakan untuk mengobati rematik karena mengandung gingerol serta rasa hangat jahe merah mampu membuat pembuluh darah menjadi terbuka dan melancarkan peredaran darah sehingga bisa mengurangi rematik (nyeri sendi) yang dirasakan.

Menggunakan jahe merah sebagai obat herbal untuk menyembuhkan rematik tidak membutuhkan banyak biaya karena jahe merah bisa ditemukan di lingkungan sekitar rumah dan jahe mudah hidup dibanyak tempat. Jahe merah mempunyai rasa pedas yang lebih kuat daripada jenis jahe lainnya oleh karena itu badan bisa menjadi hangat dengan mengkonsumsi jahe.

manfaat jahe

Jahe sangat cocok diminum bersama dengan wedang ronde, bajigur, sekoteng atau diminum dengan madu. Untuk mengobati rematik menggunakan jahe merah tidaklah susah karena bahan yang dibutuhkan mudah untuk ditemukan dan pembuatan ramen tergolong sederhana.

Orang yang menderita rematik biasanya merasakan nyeri pada bagian otot, tulang, sendi, darah dan organ tubuh lainnya.

Rematik biasanya disebabkan karena berat badan berlebih (kegemukan) dan peradangan yang disebabkan oleh penimbunan purin pada sendi. Untuk mengobati rematik menggunakan jahe merah dapat dilakukan dengan dua cara. Pertama, siapkan jahe merah 20 gr, temulawak 20 gr, cabe jawa 20 gr , daun kumis kucing 30 gr, daun komfrey 30 gr, dan 4 gelas air. Bersihkan semua bahan tersebut kemudian potong kecil-kecil. Kemudian rebus dengan 4 gelas air hingga mendidih lalu saring. Minumlah selagi hangat.

Cara kedua yakni dengan menyiapkan jahe merah 20 gr, daun meniran 20 gr, daun sendok 20 gr, daun dewa 30 gr dan mahkota dewa 20 gr. Cuci bersih semua bahan tersebut lalu potong kecil-kecil. Kemudian rebus bahan tersebut dengan 4 gelas air putih sampai mendidih. Lalu saring dan minumlah selagi hangat. Cara pertama ataupun kedua dianjurkan untuk menggunakan bahan-bahan yang masih segar. Untuk hasil yang optimal, anda bisa meminumnya sehari dua kali. Anda juga menambahkan madu atau perasan air jeruk nipis untuk ramuan yang lebih enak.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s