Tabulampot : Inovasi Untuk Lestarikan Tanaman Buah

 

Tanaman Buah Dalam Pot (Tabulampot) – Apa itu tabulampot? Apa fungsi tabulampot? Apa saja ragam buah untuk penanaman dalam pot?  Apa yang harus diperhatikan untuk tanaman buah dalam pot (tabulampot)?

tanaman buah dalam pot jambuAnda pernah mendengar istilah tabulampot? Yapp, sebuah singkatan dari istilah tanaman buah dalam pot yang saat ini sedang nge-trend di kalangan pecinta tanaman buah. Tabulampot merupakan suatu metode penanaman tanaman buah di dalam pot karena semakin terbatasnya lahan untuk bertanam. Biasanya tanaman yang sering kita dengar ditanam di dalam pot ialah jenis tanaman hias ataupun obat-obatan. Namun kini suatu metode baru telah ditemukan dan menjadi metode yang menarik bagi para pecinta tanaman buah yang tidak memiliki cukup lahan untuk menanam.

Apa itu tabulampot?

Tabulampot merupakan singkatan dari tanaman buah dalam pot,semenjak tahun 1979, pot tidak lagi hanya digunakan sebagai media untuk menanam bunga namun juga buah. Pada awalnya, tanaman buah yang digunakan hanya merupakan tanaman buah yang tidak laku/afkir di pasaran.

Kenapa pot dipilih sebagai media untuk penanaman  buah? Ini dikarenakan berkurangnya luasan lahan untuk bertanam dan penggunaan pot akan lebih mudah untuk dipindahkan. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai arsitektur interior maupun eksterior karena memiliki nilai estetika yang tinggi.

Apa fungsi tabulampot?

Tabulampot tidak hanya berfungsi sebagai tanaman hias semata namun juga buahnya itu sendiri juga dapat dikonsumsi. Bahkan kita dapat membuat buah yang kita tanam lebih aman dari penggunaan bahan kimia dan pestisida yang berlebihan serta dapat membahayakan tubuh kita. Sehingga buah yang dihasilkan merupakan buah organik serta dapat dinikmati dan jauh dari bahan kimia. Bagaimana menurut Anda?

Tanaman buah dalam pot (tabulampot) memiliki fungsi untuk :

  • Tabulampot dapat berfungsi sebagai penyegar ruangan.
  • Tabulampot membuat lingkungan kita menjadi lebih tertata rapi.
  • Tabulampot dapat digunakan sebagai sumber gizi tinggi dan menyehatkan.
  • Tabulampot sendiri mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh.
  • Tabulampot praktis, karena mudah untuk dipindahkan sesuai kebutuhan.

tanaman buah dalam pot jerukApa saja ragam buah untuk penanaman dalam pot?

Bisa dikatakan hampir semua tanaman buah dapat ditanam di dalam pot, beberapa jenis tanaman buah yang telah berhasil ditanam di dalam pot antara lain : Jenis jambu (jambu bangkok, jambu air), Mangga, Kedondong, Sawo, Kelengkeng, Delima, Pisang, Salak, Jeruk (Jeruk nipis, jeruk manis, jeruk kasturi), Anggur dan yang terakhir adalah rambutan.

Dari ragam buah yang telah berhasil ditanam, ada yang mudah berbuah namun ada pula yang sukar berbuah. Beberapa contoh dari tanaman yang mudah berbuah antara lain : jenis jambu, mangga, sawo, delima dan jeruk.

Sedangkan tanaman buah yang sukar untuk berbuah antara lain : rambutan, lengkeng dan salak. Namun perlu diketahui bahwa tanaman tersebut sukar berbuah bukan berarti tanaman tersebut tidak mampu berbuah sama sekali dalam pot namun kecepatan berbuah dari tanaman tersebut waktunya saja yang lebih panjang.

Apa yang harus diperhatikan untuk tanaman buah dalam pot (tabulampot)?

Tabulampot yang berbunga dan berbuah lebat menjadi kebanggaan tersendiri bagi para petani maupun perseorangan yang menanam si tabulampot itu sendiri, selain itu pula tabulampot yang terlihat subur memiliki harga jual yang relatif mahal jika akan diperjualbelikan. Nilai estetika atau keindahannya sangat tinggi.

Maka dari itu, perlu diperhatikan beberapa hal utama yang harus dilakukan untuk menanam buah dalam pot, antara lain :

  • Pemilihan lingkungan tumbuh untuk tanaman itu sendiri.
  • Pemilihan bibit yang unggul untuk menanam buah dalam pot.
  • Pemilihan pot dan media tanam yang sesuai.
  • Lakukan perawatan tanaman dengan cara yang tepat.

Tabulampot tidak hanya dimanfaatkan sebagai hobi semata namun dibalik itu semua, tabulampot bisa menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan di masa depan. Selain buah yang dihasilkan, faktor nilai tambah dari tanaman buah dalam pot berupa nilai keindahan dalam pot serta kebersihan pot tanaman.

Perkembangan tanaman buah dalam pot (Tabulampot) pada masa sekarang juga digunakan dalam pameran-pameran dan lomba-lomba. Bahkan bukan hanya kalangan ibu rumah tangga tetapi juga kalangan pejabat/eksekutif, meski buah yang dihasilkan dari tanaman buah dalam pot (tabulampot) tidak sebesar tanaman buah yang ditanam tanpa pot.

Sumber dapat klik >>> disini

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s