Cemara Udang sebagai Tanaman hias

Cemara Udang sebagai tanaman hias — Cemara udang (Casuarina equisetifolia) menjadi tanaman favorit penghias taman dan kebun. Biasanya Tanaman cemara udang dipakai untuk lebih memberi kesan lembut pada bangunan dan taman. Ini sesuai dengan bentuk daun cemara udang yang lembut. Cemara Udang sebagai tanaman hias 1Kombinasi tanaman cemara udang pada taman biasanya dikombinasi dengan kolam taman, Cemara udang akan memberikan kesan manis pada kolam ikan. Salah satu hal yang diminati orang menanam cemara udang adalah karaker tanaman cemara udang yang tumbuh natural menyerupai bonsai.

Tanaman Cemara Udang sebagai tanaman hias tumbuh dengan tinggi sekitar empat meter, batang cemara ini tidak tumbuh lurus ke atas layaknya cemara tapi cenderung meliuk. Tidak mengherankan, setelah berpuluh-puluh tahun bentuknya jadi seperti udang yang bongkok. Apalagi ranting-ranting kecilnya yang panjang tumbuh rapat, seperti kaki-kaki yang keluar dari tubuh udang.  Inilah sebab-musabab penduduk Madura menyebutnya cemara udang.

Cemara Udang memiliki daun yang  lurus bagaikan jarum , memiliki panjang sekitar 10—15 cm, tumbuh rimbun di ranting-rantingnya. Saking rimbunnya, saat matahari bersinar terik pun kondisi di bawah cemara ini teduh meskipun daunnya berbentuk seperti jarum.

Penataan cemara Udang seyogyanya  di tempat yang banyak terkena sinar matahari.  Selain itu penempatan Tanaman Cemara Udang sebagai tanaman hias harus terlihat mencolok, karena perannya sebagai fokus pandangan. Cemara udang harus dipelihara lebih tinggi ketimbang tanaman-tanaman di sekelilingnya. Untuk mendapatkan tampilan seperti bonsai dan ditaam berdekatan dengan seperti katis kodok, lili paris, dan Miranda palm

Menanam Cemara Udang bisa dimulai dengan membeli Cemara udang bakalan, setengah jadi atau sudah jadi dan sudah dibentuk menyerupai bonsai bahkan sudah menjadi bonsai. Namun untuk harga yang murah anda bisa membeli bakalan Cemara Udang.

Menanam cemara udang sebagai tanaman hias 3Cemara udang bisa dilakukan di dalam pot dan juga bisa langsung di dalam tanah. Menanam Cemara Udang langsung di dalam tanah akan lebih cepat tumbuh besar dan berkembang. Tanah harus cukup subur dan diberikan pupuk kandang terlebih dahulu. Sebelum tumbuh besar, sebaiknya tanaman Cemara udang diliarkan akar batang besar, baru dibentuk sesuai dengan yang dikendaki.

Berikut beberapa langkah merawat Cemara Udang:

  1. Gunakan serutan kayu untuk media penanaman Cemara Udang di dalam pot.
  2. Lakukan penyiraman air pada Pagi dan sore.
  3. Setiap hari pot diperiksa agar tidak dihuni rayap
  4. Bersihkan daun-daun dari sarang laba-laba
  5. Berikan pupuk NPK untuk menyuburkan pertumbuhan daun dan batang
  6. Penyemprotan pestisida dilakukan seminggu sekali
  7. Cegah serangan kutu daun dan batang dengan menyemprotkan pestisida sebulan sekali
  8. Setiap bulan potong daunnya untuk meratakan pertumbuhannya\
  9. Pemberian pupuk kandang jangan berlebihan

Untuk mengembangkan Tanaman Cemara Udang sebagai tanaman hias bisa dilakukan dengan Cara stek batang. Cara Stek batang pada tanaman cemara udang dilakukan dengan memotong bagian batang cemara udang kemudian ditanam . Cara perbanyakan Cemara Udang bisa dilakukan dengan stek batang. Cara stek dilakukan dengan mengambil cabang kecil berdiameter 1 mm dan panjang 5 cm dan kemudian direndam dalam larutan naphthalene-1-acetic acid (NAA) sebelum ditanam dalam pot plastik. Selamat mencoba tips perawatan ini, semoga dapat membantu tanaman cemara dang anda menjadi lebih indah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s