Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan Manusia

manfaat susu kambing bagi kesehatan 1Susu kambing memang belum sepopuler susu sapi. Walaupun begitu, banyak yang sudah merasakan manfaatnya. Terutama bagi mereka yang tidak cocok mengkonsumsi susu sapi. Susu kambing lebih mudah dicerna karena tersusun dari asam lemak berantai pendek dan sedang. Ukuran butiran lemak juga lebih kecil dibanding susu sapi. Sebagai gambaran butiran lemak susu kabing, sapi, dan kerbau berturut-turut adalah 3,49 ; 4,55 ; 5,92.

Susu kambing kaya zat gizi terutama vitamin. Riset Balai Penelitian Ternak (Balantik) Bogor menemukan tiap 100 g susu kambing mengandung 185 IU vitamin A ; 0,04 mg vitamin B1 ; 0,04 mg vitamin B2 ; 0,3 mg niacin, dan 0,07 mg vitamis B12.

Walau tidak sebesar susu, kandungan kalsium pada susu kambing cukup tinggi. Konsumsi secara teratur dapat mencegah pengeroposan tulang. Ia juga dipercaya membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah kaku sendi, anemia, dan mengobati kudis.

manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuhSusu kambing banyak digunakan sebagai bahan makanan tambahan bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi. Alergi pada pencernaan bayi berangsur-angsur dapat disembuhkan setelah diberi susu kambing. Sekitar 40 persen pasien yang alergi terhadap protein susu sapi memiliki toleransi yang baik terhadap susu kambing. Alergi terjadi karena sensitivitas terhadap lactoglobulin yang terkandung pada susu bangsa sapi tertentu. Di samping itu, susu kambing memiliki kapasitas bufer yang lebih baik, sehingga bermanfaat bagi penderita gangguan pencernaan. Di samping itu, susu kambing memiliki kapasitas buffer yang lebih baik, sehingga bermanfaat bagi penderita gangguan pencernaan.

Susu kambing sangat potensial untuk perbaikan nutrisi karena tidak memiliki masalah lactose intolerance (kepekaan terhadap laktosa penyebab diare bagi yang tidak biasa minum susu). Di sisi lain, minum susu kambing diketahui dapat mengurangi gangguan pernapasan seperti asma, bronkitis, TBC, bahkan juga rematik. Meski begitu, mekanisme kerja susu kambing dalam mengatasi berbagai gangguan penyakit belum diketahui secara pasti. Oleh karena itu masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk menjelaskan khasiatnya bagi kesehatan.  

Rekomendasi artikel : manfaat susu bagi kesehatan.

Di bawah ini beberapa manfaat mengkonsumsi susu kambing khususnya bagi bunda yang sedang dalam masa kehamilan:

  1. Kandungan kalsium yang terdapat di dalam susu kambing sangat tinggi sehingga sangat baik untuk pembentukan tulang semasa pertumbuhannya.
  2. Bagi ibu ibu pasca melahirkan susu kambing etawa juga dapat meningkatkan produksi ASI.
  3. Memiliki struktur lembut sehingga sangat mudah dicerna bagi ibu dan bayi.
  4. Tidak menimbulkan alergi seperti halnya alergi pada susu sapi.
  5. Susu kambing etawa juga dapat membantu anak untuk meningkatkan kecerdasan anak.
  6. Kandungan yang terdapat didalam susu kambing sangat sesuai dan dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung. Susu etawa kaya akan protein, enzim-enzim dan Vitamin yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi.
  7. Bagi ibu yang sedang mengandung tidak hanya menambah asupan makanan melainkan juga harus memikirkan kandungan nutrisi serta gizi sebagai asupan bayi dalam masa perkembangannya.
  8. Ibu hamil sangat perlu menjaga asupan makanan agar bayi mendapatkan asupan makanan yang baik semasa didalam kandungan.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s