Alang-Alang Penggempur Radang Ginjal

ALANG-ALANG PENGGEMPUR RADANG GINJALAlang-alang, ilalang atau lalang (Imperata cylindrica Raeusch.) ialah sejenis rumput berdaun tajam, yang kerap menjadi gulma di lahan pertanian.

Nama ilmiahnya adalah Imperata cylindrica, dan ditempatkan dalam anak suku Panicoideae. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai bladygrass, cogongrass, speargrass, silver-spike atau secara umum disebut satintail, mengacu pada malai bunganya yang berambut putih halus. Orang Belanda menamainya snijgras, karena sisi daunnya yang tajam melukai (wikipedia).

Alang-alang seperti pedang bermata dua. Di satu sisi anggota suku Gramineae atau rumput-rumputan ini pengganggu pekebun. Di sisi lain radang ginjal kronis dan hepatitis akut habis dibabatnya. Itu hasil uji klinis terhadap 30 penderita radang ginjal.

Akibat radang fungsi ginjal menurun, sehingga , sehingga menghambat berkemih. Tekanan darah naik, dan beba jantung bertambah. Berurine yang  tidak lancer menyebabkan menumpuknya kandungan senyawa tertentu di dalam tubuh. Itulah mengapa tungkai, kaki, dan muka membengkak.

Jantung pun kecipratan dampak buruk. Kemampuan organ itu memompa darah mengalami penurunan. Keracunan darah yang disebabkan oleh radang/gagal ginjal dapat menyebabkan kejang, pingsan, bahkan mati.

Bagi penderita radang ginjal, rimpang omasa – sebutan alang-alang di Papua berfungsi sebagai pereda kekejangan pada pembuluh darah sehingga aliran darah lancar. Pengeluaran urine juga meningkat. Bersamaan dengan mengendornya kekejangan pada pembuluh darah, sekresi renin menurun. Hal ini menyebabkan normalisasi tekanan darah penderita.

Selain menyembuhkan radang ginjal dan hepatitis akut karena virus, rimpang alang-alang terbukti mengatasi batuk darah, mimisan, kencing darah, dan haid dengan banyak darah. Untuk mengatasi penyakit di atas penderita harus meminum air rebusan 250 g rimpang setiap hari.

khasiat alang-alang 3Penelitian menunjukkan rimpang alang-alang tidak bersifat toksis. Namun, kerap timbul efek samping seperti pening, mual, dan bertambahnya gerakan-gerakan dalam perut. Rimpang terbaik berwarna pucat, manis, dan terasa menyejukkan. Rimpang terpilih dibersihkan dari kotoran dan benda asing. Cuci dan keringkan dengan batuan sinar matahari atau alat pengering.

Selain rimpang, bunga alang-alang juga berfaedah sebagai obat. Air rebusan bisa menyebabkan muntah darah atau mimisan. Tanaman berakar panjang itu mudah ditemukan di derah kering yang terkena pancaran matahari, sampai ketinggian 2.700 m dpl. Tunasnya panjang, bersisik serta merayap di dalam tanah, jika muncul di atas permukaan tanah bisa mencapai ketinggian 0,2 – 1,5 m. bunga berbentuk malai, panjang 6 – 28 cm.

Saat ini peran alang-alang yang diketahui baru terbatas sebagai bagian dari ramuan. Dengan penelitian lebih lanjut mungkin akan lebih banyak terungkap khasiat lain alang-alang.

Baca juga manfaat lain alang-alang.

Iklan

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s