KERAS DAN TAJAM TAPI BERKHASIAT

Tribulus tumbuh menjalar dengan tinggi tanaman 2,5 cm. daunnya agak mirip daun turi, memiliki 6-7 pasang anak daun. Pada permukaan atas daun dilapisi bulu-bulu halus. Bungany kuning dan memiliki lima kelopak bunga. Anggota family Zygophyllacea ini tumbuh baik di tanah agak kering dan berpasir. Meski kaya manfaat, hati-hati dengan tribulus. Buahnya yang matang sangat keras dan tajam, mampu melubangi ban sepeda atau telapa kaki. Buah tua berwarna coklat muda, bulat gepeng, berdiameter 1 cm. ia memiliki duri-duri tajam yang melingkar, sekilas menyerupai gada-senjata bulat dengan tombak-tombak runcing yang mencuat dari permukaannya. Dua duri diantaranya lebih panjang daripada yang lain, seperti tanduk sekitar 2-3 cm panjangnya, sehingga dinamakan juga goat’s head, atau bullhead (kepala kambing, kepala banteng).

Itulah sebabnya buah dipetik ketika setengah matang, sebelum duri-durinya mengeras. Setelah dikeringkan, kemudian buah dihaluskan dengan penggiling kopi hingga menjadi bubuk. Bagian lain dari tanaman juga sama pengolahannya. Simpan bubuk ke dalam toples dan tutup rapat agar tahan lama. Bila ingin mengkonsumsi, seduh setengah hingga satu sendok teh bubuk tribulus dengan segelas air panas.

khasiat tribulus terretrisSaat ini sudah banyak produk tribulus yang beredar di pasaran, antara lain Libilov, Tribex-500, dan Tribulus 250. Produk-produk itu  biasanya menggunakan ekstrak dari akar atau buah tribulus. Kebanyakan para ahli menganjurkan dosis antara 750 mg sampai 1250 mg tribulus per hari. Namun sebaiknya gunakan dosis sesuai anjuran.

Penelitian yang dilakukan di Rusia dan Bulgaria menunjukkan bahwa Tribulus meningkatkan tingkat testosteron (dengan mengangkat hormon luteinizing), DHEA, dan estrogen dan meningkatkan sebanyak empat puluh persen setelah suplementasi. Studi dan penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa penggunaan Tribulus meningkatkan tekanan intracavernous dan meningkatkan perilaku seksual. Senyawa aktif termasuk saponin steroid dan konsentrasi tinggi zat ini ditemukan dalam daun tanaman. Kedua tumbuhan tersebut di atas meningkatkan aliran darah di penis saat mencapai organ seks dan herbal ini memastikan bahwa jumlah darah yang cukup dipompa ke organ seks. Hal ini pada gilirannya akan memperbaiki aliran darah ke seluruh tubuh dan menurunkan penghalang seperti pakaian bulu, untuk memastikan aliran darah terus-menerus ke daerah panggul selama gairah seksual sementara juga melindungi pembuluh darah Anda.

Baca juga artikel ini.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s