Hias Halaman Rumah dengan Rumput Gajah Liliput

Gajah liliput merupakan rumput gajah mini. Rumput ini berasal dari Amerika Serikat yang masuk ke Indonesia pada tahun 2001. Warnanya hijau bersih, bentuk daun pipih lebar membulat, dengan ukuran lebar 1-3 cm, panjang 2-3 cm, rata-rata tinggi 4 cm dari permukaaan tanah. Tekstur daun halus berbulu lembut. Rumput hias ini cantik menhias halaman rumah, kantor, ataupun di taman rumah. Pertumbuhan rumput gajah mini ini pun cukup subur dan rapi, sehingga dapat membuat halaman rumah tampak asri dan indah.

halaman rumah2
Rumput Gajah Liliput

Anggota famili Poaceae ini cukup tahan banting. Di lahan miskin hara pun, ia tetap tumbuh optimal dan tampil cantik. Itulah sebabnya banyak orang memilih rumput gajah liliput menanamnya sebagai hiasan di halaman rumah. Asal tanah gembu dan berdrainase baik, gajah liliput tumbuh subur. Selain itu, perawatannya pun tidak membutuhkan penanganan yang khusus. Pemupukan hanya pada saat 2 minggu setelah tanam. Pupuk yang pas untuk pertumbuhan gajah mini adalah Urea. Dosis yang digunakan cukup 1 kg per 100 m2. Kompos atau pun bokashi dapat juga digunakan sebagai pupuk dasar. Kemudian agar rumput dapat tampil segar, siramlah 2 kali sehari.

Pada dasarnya keluarga poaceae ini tidak perlu dipangkas. Pemangkasan diperlukan untuk meremajakan tanaman agar segar dan sedap dipandang mata. Sehingga tidak perlu dilakukan secara rutin. Biaya pemangkasan pun dapat ditekan hingga 70 % dibandingkan dengan rumput lain. Jika biasanya 100 m2 rata-rata dibutuhkan 4 orang untuk merawat taman, tapi dengan penggunaan rumput ini, cukup satu orang saja.

halaman rumah dengan rumput    halaman

Rumput gajah hias mini ini mampu membuat taman tampak asri. Dipadukan dengan batuan alam penuh dan aneka tanaman hias, kehadirannya ssangat menyejukkan mata. Rumput gajah mini ini juga bisa menambah keindahan rumah anda menjaaadi lebih asri. Selain di rumah, rumput ini juga dapat dijadikan pilihan untuk menghias halaman kantor Anda.

Agar rumput gajah mini tetap berwarna hijau dan segar, disarankan untuk memberi pupuk sebulan sekali agar unsur hara tanamannya seimbang. Lalu, tanam rumput rapat-rapat, sehingga bisa langsung dinikmati. Akan tetapi, jika kondisi rumputnya stres, warna daunnya tidak akan kuat. Tetaplah siram rumputnya, apalagi jika baru saja ditanam. Tiga minggu kemudian warna hijaunya akan semakin kuat, akarnya sudah tumbuh, dan sudah boleh diinjak-injak. Tak perlu mengeluarkan biaya besar untuk membeli rumput gajah mini, penjual banyak yang mematok harga rumput gajah mini dari petani sekitar Rp 15-17 ribu per meter persegi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s